Penanganan Mulut Gatal pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mulut gatal pada anak bisa terjadi karena beberapa hal salah satunya adalah karena alergi makanan. Sebenarnya tidak ada obat yang dapat menyembuhkan alergi makanan. Tujuan pemberian obat di sini adalah untuk meredakan reaksi alergi yang muncul, karena itu alangkah baiknya bagi Anda adalah untuk mengenali makanan-makanan pemicu alergi anak Anda dan menghindarinya.

Makanan yang masuk kedalam tubuh anak Anda pasti melalui mulut, mulut merupakan tempat dimulainya proses pencernaan makanan, pada tepatnya pada bagian rongga mulut semua proses pencernaan awal ini terjadi. Proses ini dapat terjadi secara mekanis maupun kimiawi di dalam mulut. Tentu saja mulut tidak bisa bekerja sendiri, di dalam rongga mulut terdapat alat-alat yang membantu berlangsungnya kedua proses pencernaan tersebut. Bisa dibilang fungsi alat-alat ini tidak kalah penting dari fungsi mulut itu sendiri. Alat-alat tersebut ialah gigi, lidah, dan kelenjar air liur atau kelenjar ludah. Melihat fungsi utama mulut selain untuk berbicara juga untuk makan, maka jika terjadi gatal pada mulut anak Anda akan menimbulkan keadaan yang tidak nyaman tentunya.

Jika Anda atau anak Anda mengalami reaksi alergi tidak lama setelah mengonsumsi suatu makanan, dianjurkan untuk langsung menemui dokter. Selain untuk mencegah gejala makin memburuk, hal ini juga dapat mempermudah dokter dalam melakukan diagnosis.

Jika anak Anda mengalami gejala-gejala anafilaksis atau reaksi alergi parah, segera bawa ke rumah sakit. Penanganan yang diberikan secepatnya akan bermanfaat untuk meningkatkan peluang penderita untuk selamat.

Berdasarkan tingkat keparahan gejala, ada dua jenis obat alergi yang umumnya digunakan yaitu:

  • Obat-obatan antihistamin. Obat ini digunakan untuk meredakan reaksi alergi atau gejala alergi yang masih tergolong ringan hingga menengah. Sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi obat ini, karena ada beberapa jenis antihistamin yang tidak cocok digunakan oleh anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun, seperti promethazine dan alimemazine.
  • Obat yang mengandung adrenaline. Jenis obat alergi yang kedua adalah obat yang mengandung adrenalin. Obat ini biasanya diberikan oleh dokter untuk menanggulangi gejala alergi parah pada kasus anafilaksis dengan cara disuntikkan. Adrenalin mampu meredakan gejala sulit bernapas dengan cara memperlebar saluran napas, serta menanggulangi tekanan darah rendah.

Pemberian obat diatas sebaiknya tidak Anda lakukan sendiri, obat-obat diatas hanya contoh untuk mengobati gejala gatal pada mulut yang timbul. Memberikan penanganan yang tepat untuk anak Anda mutlak adanya agar kondisi anak tidak semakin memburuk. Penanganan yang tepat dapat dilakukan jika diketahui penyebabnya, maka seorang dokter perlu memeriksa anak Anda secara langsung untuk melihat apakah penyebab dari rasa gatal yang sering Anda rasakan. Jika diperlukan dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan kerokan bibir dan juga tes alergi. Alangkah baiknya anak Anda diperiksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi anak Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY