Penanganan Pertama Saat Keguguran

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak sedikit wanita yang mengalami keguguran. Peristiwa ini pasti sangat menakutkan bagi seorang wanita dan tetap akan memberikan dampak tersendiri yang cukup mendalam bagi dirinya.

Keguguran dapat didefinisikan sebagai terhentinya kehamilan sebelum janin mampu hidup di luar kandungan pada umur kurang dari 28 minggu. Penyebab keguguran sebagian besar tidak diketahui dan terjadi secara spontan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keguguran meliputi sel telu (ovum) yang kurang baik atau spermatozoa yang kurang sempurna. Selain itu, keguguran juga dapat dipicu oleh adanya cacat pada kromosom ataupun janin. Keguguran juga bisa terjadi karena faktor janin yang tidak berkembang, mengonsumsi pil kontrasepsi dalam waktu sangat lama, tidak menyadari kehamilan, dan lain-lain.

Pertolongan pertama pada wanita keguguran penting untuk diketahui sebagai upaya antisipasi untuk menghadapi kemungkinan buruk terjadi jika wanita mengalami keguguran. Pertolongan ini dilakukan untuk menghadapi kemungkinan terburuk jika seorang wanita mengalami keguguran agar bisa aman.

Berikut adalah beberapa langkah yang mesti dilakukan untuk membantu dan menolong orang yang mengalami keguguran.

  • Pertama-tama, jangan panik. Segera minta korban untuk menghentikan semua aktivitas yang ia lakukan.
  • Minta korban untuk melakukan relaksasi, atur napasnya, dan tenangkan pikirannya. Relaksasi ini bermanfaat untuk mengurangi stres.
  • Katakan pada penderita untuk istirahat total. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa memperkecil kemungkinan terjadinya keguguran. Tidak hanya sebagai tindakan pencegahan, istirahat total juga sangat diperlukan pasca kejadian keguguran untuk mencegah terjadinya pendarahan lebih parah. Selain itu, cara ini juga bisa menjadi sarana untuk memulihkan tenaga korban.
  • Jika ada sesuatu yang keluar dari vagina, simpan di dalam wadah khusus agar dapat dicek oleh dokter.
  • Jika terjadi perdarahan dan berlanjut, segera bawa ke unit gawat darurat untuk mendapatkan penanganan medis.

Pertolongan pertama pada wanita keguguran ini bisa dilakukan hanya sebagai antisipasi, jika memang terjadi pendarahan segeralah bawa ke rumah sakit agar bisa dilakukan penanganan medis yang benar. Penting untuk ditangani dokter karena ini demi keselamatan wanitanya. Jangan panik dan banyaklah berkonsultasi ke dokter mengenai kandungan Anda agar terhindar dari keguguran.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY