Penanganan Psoriasis pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Psoriasis merupakan penyakit kronik yang dapat terjadi pada setiap usia, termasuk pada remaja. Psoriasis merupakan salah satu masalah atau penyakit kulit berupa peradangan kronis dan bersifat autoimun ( penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh).

Penyakit ini tampak sebagai bercak merah tebal dengan sisik berwarna keperakan. Bercak ini biasanya terdapat di daerah lutut, siku,kulit kepala, punggung bawah, wajah, telapak tangan, telapak kaki dan kuku. Tetapi psoriasis ini dapat juga menyerang bagian tubuh manapun kecuali selaput lendir.

Penyebab dari penyakit psoriasis belum diketahui dengan pasti. Namun, diduga karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel kulit. Pada psoriasis saat kekebalan tubuhnya terserang infeksi, justru sel kulit pada tubuh psoriasis yang seharusnya melawan infeksi berbalik menjadi begitu aktif sehingga memicu respon imun lainnya. Hal ini menyebabkan pembengkakan dan pergantian sel kulit yang cepat dan terjadi penebalan kulit.

Penelitian lain menduga bahwa penyebab dari psoriasis adalah keturunan atau merupakan penyakit keturunan.

Bagi para orang tua pasti tidak menginginkan anak anda di usia remajanya ini mengalami psoriasis. Karena tidak dapat dipungkiri dengan adanya psoriasis yang dapat muncul dibagian tubuh manapun dapat mengganggu citra tubuh dan kepercayaan remaja terhadap penampilan.Tentu anda akan mencari berbagai solusi untuk mengatasi psoriasis ini.

Jangan Khawatir, berikut akan diulas beberapa cara penanganan psoriasis. Lalu apa sajakah penanganan psoriasis? Mari kita simak bersama sama.

Untuk pengobatan psoriasis tergantung pada tingkat beratnya penyakit, luas kulit yang terkena, jenis psoriasis dan reaksi pasien terhadap pengobatan tertentu. Penanganan psoriasis meliputi:

  1. Terapi topikal

Pengobatan dengan cara topikal yaitu dilakukan dengan mengoleskan langsung pada kulit. Terapi topikal biasanya berupa krim atau salep.

  1. Terapi Cahaya

Cahaya yang digunakan yaitu dapat bersumber dari sinar ultraviolet buatan dan sinar ultraviolet alami dari matahari. Diantaranya NB-UVB (sinar ultraviolet buatan) dan PUVA (sinar ultraviolet A ditambah obat tertentu).

  1. Pengobatan sistemik

Pada pengobatan sistemik dokter mungkin akan meresepkan obat tertentu karena dirasa psoriasis yang diderita pasien cukup berat.

  1. Terapi kombinasi

Terapi kombinasi yaitu penggabungan dari terapi topikal, terapi cahaya dan pengobatan sistemik.

Namun perlu anda ketahui bahwa pengobatan atau penanganan di atas tidak bisa menyembuhkan psoriasis secara menyeluruh, tapi bertujuan meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang psoriasis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY