Penanganan Radang Gusi

SehatFresh.com – Gusi yang sehat adalah gusi yang kuat dan tampak pucat merah muda. Jika gusi bengkak, warnanya tampak merah gelap, lunak dan mudah berdarah, Anda mungkin mengalami radang gusi. Radang gusi atau gingivitis tidak selalu menimbulkan rasa sakit sehingga banyak orang tidak menyadarinya. Meski demikian, masalah radang gusi tidak bisa disepelekan. Penting untuk segera memberikan penanganan pada pada radang gusi. Bila dibiarkan, radang gusi bisa berkembang menjadi masalah rongga mulut yang lebih serius dan bahkan berpengaruh pada kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Penyakit gusi salah satunya radang gusi awalnya disebabkan oleh penumpukan plak di gigi. Plak adalah zat lengket yang mengandung bakteri. Beberapa bakteri dalam plak tidak berbahaya, namun ada juga yang berbahaya bagi kesehatan gusi. Plak perlu dihilangkan setiap hari karena reformasinya cepat, biasanya dalam waktu 24 jam. Jika Anda tidak menghilangkan plak dari gigi dengan menyikat gigi, plak akan semakin menumpuk dan mengiritasi gusi, dan pada gilirannya menyebabkan kemerahan dengan perdarahan, pembengkakan dan nyeri pada gusi.

Radang gusi yang tidak diobati dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang menyebar ke jaringan dan tulang penyangga gusi (periodontitis), yang dapat menyebabkan tanggalnya gigi. Periodontitis dan kesehatan mulut yang buruk juga akan berpengaruh pada kondisi kesehatan secara keseluruhan. Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa penyakit gusi yang lebih serius atau periodontitis berhubungan dengan serangan jantung, stroke, penyakit paru-paru, dan kelahiran prematur atau kelahiran dengan berat badan lahir rendah pada wanita hamil.

Karena efek radang gusi yang bisa begitu serius, para dokter gigi menekankan begitu pentingnya pemeriksaan gigi rutin untuk mengidentifikasi gingivitis, gigi berlubang (karies) dan kondisi gigi lainnya sebelum timbul gejala dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Jika Anda merasa mengalami tanda-tanda dan gejala gingivitis, jangan menunda untuk memeriksakannya ke dokter gigi. Semakin cepat mencari perawatan, semakin kecil risiko terjadinya kerusakan lebih lanjut akibat gingivitis serta mencegah radang gusi berkembang menjadi periodontitis.

Penanganan efektif untuk radang gusi membutuhkan perawatan profesional disertai praktek kebersihan mulut yang benar di rumah. Penanganan profesional dibutuhkan untuk mengevaluasi dan membersihkan karang gigi secara menyeluruh serta memperbaiki tambalan (restorasi gigi) yang membuat pembersihan gigi menjadi sulit. Dokter gigi juga dapat memberikan arahan bagaimana teknik pembersihan dan perawatan gigi harian yang benar. Jika radang gusi sudah berkembang menjadi parah, perawatan lebih lanjut mungkin dipertimbangkan, seperti operasi periodontal. Dalam beberapa kasus, operasi diperlukan untuk mengangkat gigi yang terpengaruh.

Banyak yang kurang memerhatikan bagaimana cara menjaga kebersihan mulut dengan baik. Padahal, ini merupakan cara terbaik agar terhindar dari radang gusi dan masalah kesehatan rongga mulut lainnya. Praktek kebersihan mulut yang benar juga membantu mempercepat pemulihan radang gusi, Langkah-langkah penting yang menjadi bagian dalam upaya pencegahan dan penanganan radang gusi meliputi:

  • Tidak melewatkan pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan sekali atau sesuai anjuran dari dokter gigi.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut dan menggantinya setidaknya setiap tiga bulan sekali.
  • Menyikat gigi minimal dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam.
  • Lakukan pembersihan gigi dengan benang gigi setidaknya sekali sehari.
  • Gunakan obat kumur antiseptik, jika direkomendasikan oleh dokter gigi.

Berhenti merokok. Merokok meningkatkan kerentanan menderita radang gusi dan masalah rongga mulut lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY