Penanganan Radang Prostat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi kaum pria kesehatan alat vital seperti prostat sangatlah penting untuk dijaga. Organ satu ini memiliki fungsi yang penting pada tubuh khsusnya bagi sistem reproduksi pria. Prostat sendiri bisa mengalami masalah serta gangguan kesehatan dari ringan hingga serius.

Prostat adalah kelenjar berbentuk seperti kacang kenari terletak di bawah kandung kemih dan di sekeliling uretra (pangkal kandung kemih). Organ ini berfungsi menghasilkan suatu cairan yang membentuk 30% volume air mani.  Cairan ini mengandung asam sitrat, kalsium, dan enzim yang kemungkinan besar berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berenang dan kesuburan sperma. Selain itu, prostat juga mensekresikan cairan seng yang diyakink memiliki fungsi untuk mencegah infeksi organ kelamin.

Salah satu gangguan yang bisa terjadi pada prostat adalah perandang atau sering disebut dengan radang prostat. Gejala radang prostat sering dijumpai hampir sama dengan gejala kanker prostat, oleh karena itu ada baiknya Anda memastikan apakah masalah prostat yang Anda alami hanya karena peradang prostat atau gejala adanya kanker prostat. Berikut penjelasan mengenai beberapa masalah prostat yang bisa Anda ketahui antara lain:

  • Prostatitis (Radang prostat). Gejala adalah demam dan ketidaknyamanan ketika buang air kecil dan nyeri pada daerah kandung kemih. Bila prostat amat membengkak, penderita tidak dapat lagi buang air kecil. Jika peradangan prostat disebabkan oleh bakteri, penyakitnya disebut prostatitis bakterial, yang biasanya akut atau kronis. Ini biasanya dikaitkan dengan infeksi saluran kemih. Akan tetapi, dalam lebih banyak kasus, penyebab peradangan ini tidak terdeteksi sehingga penyakitnya disebut prostatitis nonbakterial.
  • Hiperplasia prostatis ringan (Benign prostatic hyperplasia/BPH). BPH adalah pembengkakan prostat non-kanker yang dapat menyerang pria berusia 40 tahun ke atas. Resiko terkena BPH meningkat seiring dengan bertambahnya usia seorang pria. BPH dapat berkembang menjadi kanker prostat. Gejala untuk mereka yang terkena BPH adalah meningkatnya intensitas buang air kecil, terutama di malam hari. Selain itu juga melemahnya pancaran air seni. Perasaan bahwa air seni di dalam kandung kemih belum benar-benar habis (anyang-anyang).
  • Tumor atau kanker prostat. Prostat juga dapat diserang oleh tumor atau kanker ganas. Umumnya, kanker prostat terdeteksi dalam pemeriksaan kesehatan rutin, bahkan sewaktu gejala-gejalanya tidak terasakan. Dalam kasus yang lebih serius, bisa terjadi penumpukan urin yang mengakibatkan pembengkakan kandung kemih.¬†Sewaktu kanker menyebar ke organ-organ tubuh lain, dapat timbul nyeri punggung, gejala neurologis, serta pembengkakan kaki akibat tersumbatnya sistem limfatis.

Para pria, terutama mewaspadai adanya gangguan prostat yang mungkin dapat timbul terutama bagi yang mereka yang memiliki faktor resiko terkena gangguan prostat. Beberapa faktor resikonya meliputi:

  • Faktor genetik dan hormon.
  • Lebih dari 80 persen kasus kanker prostat ditemui pada pria di atas usia 65 tahun.
  • Kebiasaan makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik.
  • Perokok atau sering menghirup asap rokok.
  • Tekanan emosi (stres).
  • Tipe berat badan yang mengganggu prostat adalah tipe bentuk tubuh membesar di bagian pinggang dengan perut buncit seperti apel.
  • Penderita diabetes

Anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini untuk menangani gejala dan juga masalah yang ditimbulkan akibat radang prostat antara lain:

  • Biasakan untuk tidak menunda buang air kecil, lakukan segera setelah perasaan ingin kencing muncul.
  • Hindari alkohol dan kafein, terutama setelah makan malam.
  • Jangan banyak minum sekaligus dan hindari minum air 2 jam sebelum tidur.
  • Cobalah untuk tidak mengkonsumsi obat bebas dan obat sinus yang mengandung dekongestan atau antihistamin.
  • Mulailah berolahraga secara teratur untuk kehangatan tubuh. Cuaca dingin dan kurangnya aktivitas fisik dapat memperburuk gejala.
  • Lakukan latihan Kegel (latihan penguatan otot panggul).
  • Usahakan untuk mengontrol emosi Anda, hindari diri Anda untuk terkena stress karena gugup dan ketegangan dapat menimbulkan keinginan buang air kecil.

Jika gejala atau masalah yang ditimbulkan akibat peradangan prostat tidak membaik ada baiknya jika Anda memerikasakan diri Anda kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY