Penanganan Telinga Gatal pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Telinga yang gatal akan membuat keadaan yang tidak nyaman dan khususnya pada wanita keadaan seperti ini akan mengganggu penampilan dan percaya dirinya. Telinga adalah salah satu alat vital bagi pendengaran yang seringkali kotoran masuk ke dalamnya dan mengakibatkan rasa gatal menyerang. Telinga adalah bagian yang memiliki banyak syaraf yang sensitif jika telinga Anda terasa gatal, berhati-hatilah dalam menggaruknya. Jangan menggunakan benda tajam yang bisa merobek gendang telinga jika terlalu masuk ke dalam telinga atau bahkan bisa menyebabkan infeksi di telinga jika tidak berhati-hati menggunakannya. Jika telinga gatal, bersihkanlah dengan benar agar tidak merusak organ yang penting di dalam telinga.

Banyak penyebab dari timbulnya telinga yang gatal, mulai dari kemasukan air, serangga, atau karena sebab lain yang berasal dari dalam. Umumnya pada saat telinga gatal yang dilakukan adalah mengoreknya dengan cotton buds atau memasukkan jari tangan ke dalam telinga dan mengoreknya secara manual. Hal ini belum tentu tepat untuk dilakukan untuk mengatasi telinga gatal.

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki tingkat sensitivitas cukup tinggi. Oleh karena itu, agar tindakan kita tidak keliru dan menimbulkan masalah yang lebih parah, maka penanganan telinga gatal yang paling tepat adalah sebagai berikut :

  • Oleskan salep atau lotion terlebih dahulu. Kulit yang iritasi di sekitar telinga bisa menyebabkan telinga menjadi gatal. Untuk mengobati hal yang seperti itu, maka cukup mengoleskan lotion atau salep khusus telinga ke kulit yang iritasi tersebut.
  • Minyak Zaitun dan bawang putih. Ambil minyak zaitun dan beberapa siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Campur dan panaskan campuran ini dan biarkan dingin sementara waktu. Masukan setetes campuran ini di telinga anda untuk menobati gatal-gatal di telinga.
  • Alkohol dan cuka. Campur alkohol dan cuka dalam mangkok kecil. Teteskan campuran ini ke dalam telinga yang gatal.
  • Minta rujukan dokter. Saat iritasi tidak bisa diatasi maka langkah selanjutnya adalah dengan mengunjungi poly THT (telinga hidung tenggorokan) untuk dianalisis secara profesional tentang penyebab dan cara mengatasinya. Biasanya, dokter akan memberikan obat tetes telinga yang mengandung antibiotik agar mengurangi rasa gatal, rasa sakit serta membunuh jamur atau bakteri yang menjadi penyebab umum. Ikuti petunjuk penggunaan yang benarSekali lagi, karena telinga adalah bagian tubuh yang sensitif, maka penggunaan obat serta pengaplikasian berbagai bahan untuk pengobatan telinga gatal sebaiknya mengikuti instruksi dan petunjuk yang disediakan, karena kekeliruan atau penggunaan yang melebihi dosis ditakutkan akan membuat kondisi telingan menjadi bertambah parah.
  • Selalu keringkan telinga anda sepenuhnya setelah mandi dengan handuk.
  • Tempatkan bantal pemanas pada telinga untuk menghindari infeksi jamur dari paparan air.

Menggaruk telinga merupakan salah satu masalah utama telinga gatal. Semakin sering Anda menggaruk telinga, maka hal ini justru mebuatnya semakin gatal. Telinga sangat sensitif, sehingga Anda tidak boleh sembarangan memasukkan benda apapun ke telinga dan menggaruknya. Hal tersebut dapat merusak telinga bagian dalam atau bahkan gendang telinga, yang dapat menyebabkan telinga rentan terhadap infeksi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY