Penanganan untuk Remaja Pecandu Narkoba

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Belakangan ini penyalahgunaan narkoba memang mulai meresahkan masyarakat. Pasalnya tidak hanya orang dewasa yang menyalah gunakan narkoba, tapi juga kalangan remaja. Banyak alasan yang mereka gunakan untuk dasar penggunaan narkoba. Mulai dari ikut-ikut teman, coba-coba, sampai sebagai pelarian atas masalah yang sedang dihadapi.

Padahal dampak dari penggunaan narkoba sendiri bisa dibilang cukup berbahaya. Mulai dari jangka pendek sampai dampak jangka panjang. Setiap jenis narkoba memiliki dampaknya masing-masing. Mulai dari dampak fisik, psikis, hingga dampak terhadap lingkungan.

Sebut saja dampak penggunaan ganja. Secara jangka pendek, dampak yang akan timbul adalah timbulnya rasa bahagia, rasa cemas, timbul halusinasi, mata merah dan lebih banyak tertawa. Dampak jangka panjangnya ialah radang paru-paru, hilangnya rasa perduli, dan hilangnya motivasi tau semangat dalam belajar.

Berbeda dengan dampak yang akan timbul dari penggunaan sabu-sabu. Pengguna sabu-sabu akan merasakan halusinasi, lebih sensitive dan mudah tersinggung, menjadi lebih agresif, dan mengalami sakau bila tidak mendaptkan sabu.

Selain dampak pribadi yang ditimbulkan, penyalahgunaan narkoba juga akan menimbulkan dampak bagi lingkungan dan keluarga. Suasana nyaman yang ada di keluarga akan terganggu, karena munculnya sikap kasar, mudah berbohong, dan sering mencuri barang berharga di rumah untuk membeli narkoba. Masa depan pun jelas akan menjadi suram jika tidak segera di hentikan.

Mengkhawatirkan bila remaja disekitar kita atau bahkan salah satu keluarga kita menjadi salah satu pecandu narkoba. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi remaja yang menjadi pecandu narkoba. Berikut beberapa cara menangani kecanduan narkoba di lakalangan remaja tersebut:

  • Menjadi pendengar yang baik. Dengan menjadi pendengar yang baik, diharapkan akan mengurangi remaja tersebut menjadikan narkoba sebagai pelarian. Hal ini dikarenakan beberapa remaja mulai menggunakan narkoba, karena adanya masalah dan kurang mendapat perhatian dari orang di sekitarnya.
  • Membiasakan remaja untuk bercerita. Tidak jauh berbeda dengan menjadi pendengar yang baik, membiasakan remaja untuk bercerita juga bisa menjadi salah satu cara menjauhkannya dari jeratan narkoba.
  • Menjauhkan remaja di sekitar kita dari lingkar pergaulan narkoba. Meminimalisir kemungkinan remaja yang kita sayangi menggunakan narkoba adalah dengan menjauhkannya dari pergaulan teman sebayanya yang menggunakan narkoba.
  • Meningkatkan dukungan. Dengan meningkatkan dukungan kepada remaja, diharapkan ia akan memiliki semangat tinggi untuk sembuh dari penyalah gunaan narkoba.
  • Meningkatkan kasih sayang yang kita berikan. Berada di lingkungan yang memberinya kasih sayang penuh, akan membuat remaja mampu bangkit dari penyalahgunaan narkoba.
  • Memberi semangat untuk sembuh. Bagi remaja yang terlanjur kecanduan narkoba, mereka jelas membutuhkan dukungan dari orang sekitar untuk sembuh. Bukan malah dimarahi atau dijauhi. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY