Pencegahan Anak dari Polip Hidung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak ada batasan usia untuk terserang polip hidung, tua muda, termasuk anak-anak dapat terserang penyakit ini. Rasio dari penyakit ini terjadi adalah laki-laki dan perempuan dewasa sekitar 2-4:1. Dan sedangkan kejadian yang terjadi pada anak-anak hingga saat ini masih belum ada laporan khususnya. Meskipun begitu bukan berarti penyakit ini tidak bisa menyerang anak-anak.

Penyakit polip hidung pada anak-anak biasanya jarang sekali terjadi. Jika memang terjadi polip biasanya ada pada usia dibawah 2 tahun. Seorang anak yang mengalami kasus penyakit polip hidung biasanya juga harus mendapatkan pemeriksaan cystic fibrosis. Karena penyakit cystic fibrosis ini adalah salah satu faktor resiko penyebab penyakit polip hidung yang terjadi pada anak. Dan kasusnya sekirar 1-2 dari orang dewasa dengan penyakit cystic fibrosis yang mempunyai penyakit polip hidung.

Penyebab dari penyakit polip hidung ini bisa disebabkan karena berasal dari penyakit lain, misalnya adalah penyakit alergi, penyakit asma, dan rhinitis parah, serta penyakit yang lainnya. Gejala penyakit polip di hidung ditandai dengan adanya daging yang muncul yang berwarna putih ke abu-abuan. Terdapat beberapa faktor pemicu dari munculnya penyakit polip ini. Biasanya hal ini bisa saja disebabkan karena radang kronis yang terjadi dengan berulang-ulang pada bagian mukosa hidung dan juga sinus paranasal.

Gejala penyakit polip di hidung secara fisik ditandai dengan hidung yang mengalami sumbatan yang bisa menetap dan akan selalu terasa banyak lendir di dalam hidung. Gejala lainnya ditandai dengan sakit kepala, hidung sering mengeluarkan lendir layaknya sedang pilek atau flu, indera penciuman yang menurun, rongga hidung akan lebih sering terasa gatal dan juga akan lebih sering bersin, mata berair yang disebabkan karena alergi terhadap sesuatu.

Ada berbagai cara untuk mencegah anak terhindar dari penyakit polip hidung antara lain adalah:

  • Selalu membersihkan tangan. Terutama ketika ingin membersihkan hidung karena tangan yang bersih membuat kotoran dan bakteri yang terdapat pada tangan atau pun jari tidak akan ikut terbawa masuk ke dalam hidung. Karena bakteri dapat menginfeksi mukosa sehingga menyebabkan penyakit polip hidung.
  • Menjaga kebersihan lingkungan. Terlebih lingkungan yang ditinggali setiap hari. Lingkungan yang kotor akan membuat kotoran dan juga bakteri akan mudah masuk ke hidung pada saat menghirup udara. Jika ini terjadi terus menerus akibat nya bisa mengalami aleri debu sehingg menjadi penyabab penyakit polip hidung.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan antioksidan. Mengkonsumsi makanan ini juga penting agar terhindar dari penyebab penyakit polip hidung. Karena kandungan antoksidan sangat bagus untuk kesehatan tubuh, dan bisa membantu penyembuhan sel sel yang rusak akibat radikal bebas, yang akan menyebabkan penyakit kanker jika di diamkan.
  • Menjaga sinusitis agar tetap kering. Ini dilakukan karena penyakit sinusitis bisa menjadi penyebab penyakit polip hidung. Sehingga untuk mencegah nya bisa dengan menjaga penyakit sinusitis agar tetap kering, karena jika sinusitis basah akan membuat infeksi pada mukosa, dan menyebabkan lendir keluar dan berlebih.
  • Selalu menyediakan obat semprot hidung. Langkah ini juga bagus untuk mencegah polip karena obat semprot hidung dapat melawan alergi yang akan menjadi penyebab penyakit polip hidun. Selain itu bisa juga dengan menghindari asap rokok, asap kendaraan, atau asap apapun yang dapat menyebabkan hidung mengalami alergi. Menghindari nya juga bisa dengan menggunakan penutup hidung, atau masker penutup mulut. sehingga udara yang kotor tidak secara langsung memasuki hidung.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah dapat sangat mudah terjadinya flu, yang mana flu bisa menjadi peyebab dari polip hidung. Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dengan berolahraga dengan teratur, makan makanan yang sehat, dan di bantu dengan supplemen yang baik untuk tubuh seperti jinten hitam atau habbatussauda yang terbuat dari bahan alami.
  • Membuat rumah Anda agar lebih lembab dalam mencegah terjadinya penyumbatan di saluran pernapasan
  • Mengikuti anjuran dari dokter dalam menghilangkan penyakit asma atau sakit alergi yang dialami.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY