Pencegahan Bau Badan pada Remaja dengan Aktivitas Tinggi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja merupakan masa ketika gairah untuk beraktivitas sangat tinggi, karena ketika remaja badan kita sedang dalam tahap bugar, nyaman untuk beraktivitas dan dapat melakukan aktivitas apapun tanpa terpengaruh oleh penurunan fungsi dalam tubuh kita. Intinya remaja adalah masa paling ideal untuk kita beraktivitas.

Setelah melakukan aktivitas tinggi remaja biasanya akan mengeluh karena mengeluarkan banyak keringat. Berkeringat setelah beraktivitas merupakan hal yang normal. Namun pada masa remaja, keringat yang berlebihan dianggap sebagai masalah dan tak jarang remaja merasa malu karena selain menganggu penampilan, keringat juga memiliki bau yang tak sedap.

Bau yang tak sedap itu disebabkan karena pada usia remaja cenderung mengalami peningkatan produksi keringat dan hal itu berpotensi bagi bakteri untuk menimbulkan bau badan.

Bagi anda yang sering mengeluh tentang bau badan dan telah mencoba berbagi metode untuk menghilangkannya namun selalu gagal. Lalu bau badan masih sering muncul. Berikut saya akan memberi ulasan atau tips untuk mencegah agar bau badan tidak muncul kembali :

  1. Untuk mengatasi bau badan, cara yang cukup mudah adalah dengan menjaga kebersihan kulit yaitu mandi secara teratur untuk mencegah bakteri tidak berkembang biak. Mandilah minimal dua kali sehari.
  2. Ganti pakaian yang basah oleh keringat dengan pakaian yang kering dan bersih. Ganti juga pakaian anda setelah mandi.
  3. Hindari atau kurangi makanan yang memicu aroma atau bau badan yang kurang sedap.
  4. Perbanyak konsumsi makanan yang berserat dan rendah kalori seperti buah dan sayuran serta minum cukup air putih (8-12 gelas/hari).
  5. Hindari emosi negatif dan usahakan untuk lebih santai
  6. Gunakan sabun mandi yang berkhasiat antibakteri
  7. Bila dirasa perlu, anda bisa memanfaatkan produk kosmetik untuk mencegah bau badan. Salah satunya adalah deodoran. Untuk mengurangi jumlah keringat di ketiak, anda bisa menggunakan produk berupa antiperspiran.

Cara Herbal Mencegah Bau badan

Selain tips-tips di atas, ada beberapa jenis herbal yang digunakan untuk mengatasi bau badan. Berbagai jenis tanaman tersebut telah lama digunakan, antara lain: daun sirih (Piper betle), beluntas (Pluchea indica), kemangi (Ocimum basilicum var citratum), bunga kecombrang (Nicolaia speciosa), kunyit (Curcuma longa), temu giring (Curcuma heyneana), bunga kenanga (Canangium odorata), akar wangi (Andropogon zizanoides), dan nilam (Pogostemon cablin). (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY