Pencegahan dan Penanganan Usus Buntu pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat merawat anak, adakalanya orang tua merasa masa sulit atau kesusahan meski merawat anak adalah kewajiban. Salah satunya, saat anak sedang sakit. Ketika anak sakit, mereka lebih cenderung mengungkapkannya dengan menangis dibandingkan dengan kata-kata. Sehingga orang tua sulit memahami apa yang dirasakan anaknya.

Pernahkah ketika anak anda sakit dan mengeluh seperti perutnya sakit disekitar pusar yang bergerak kesamping bawah perut, mual, muntah, diare, sering buang angin, demam rendah, perut bengkak serta perut keram. Jika pernah, maka anda harus berhati-hati dan segera periksakan anak anda ke dokter. Karena bisa jadi anak anda terkena penyakit usus buntu.

Penyakit usus buntu atau dalam bahasa medis disebut dengan Appendicitis adalah saat usus buntu mengalami peradangan dan dapat menyebabkan mudahpecah. Hal itu terjadi karena usus buntu mengalami infeksi yang disebabkan adanya sisa makanan yang tertinggal dalam usus buntu, yang kemudian mengeras sehingga sisa makanan tersebut menjadi sumber makanan kuman-kuman yang berada pada usus tersebut.

Pencegahan

Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah usus buntu atau appendicitis terjadi pada anak. Berikut cara mencegah usus buntu:

  1. Jaga asupan makanan

Karena terjadi pada daerah perut maka cara mencegahnya anda juga butuh menjaga asupan makanan. Hindari makanan yang beraroma tajam seperti durian dan mangga. Sebaiknya konsumsi makanan dengan serat tinggi seperti sayuran, agar-agar dan buah-buahan. Serta perbanyak minum air putih.

  1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan imun tubuh juga penting saat mencegah terjadinya usus buntu. Jadi, anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh anak sehingga kuman-kuman yang menyerang usus buntu akan dibunuh oleh sistem imun tubuh dan tidak terinfeksi.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan obat pencahar

Saat anak sering merasa sembelit, jangan selalu mengatasinya dengan obat pencahar. Mungkin anda bisa mengatasinya dengan cara lain atau dengan obat bahan alami. Dikarenakan obat pencahar yang sering digunakan akan menyebabkan sembelit yang semakin parah di masa depan. Sembelit yang parah akan menyebabkan radang usus buntu.

Penanganan

Jika cara-cara yang diuraikan di atas tidak cukup ampuh untuk mencegah penyakit usus buntu yang di derita anak anda, maka segera bawa anak anda ke dokter. Saat ke dokter, biasanya akan diberikan penanganan yang disebut dengan appendectomy atau tindakan pembedahan. Untuk pembedahan tersebut ada dua macam yaitu pembedahan secara open atau konvesional dan pembedahan menggunakan laparoscopy. Jika yang digunakan adalah pembedahan konvensional pada usus buntu yang belum pecah akan dibuat luka operasi diperut sebelah kanan bawah kurang lebih 3-5 cm. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here