Pencegahan dan Pengobatan Gangguan Menstruasi Polymenorrhea

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Polymenorrhea berasal dari kata poli (berarti banyak) dan menorea (berarti haid).  Polymenorrhea adalah kelainan haid dimana siklus haid kurang dari 21 hari dan menurut reverensi lain siklus lebih pendek dari 26 hari. Keadaan ini tidak normal dari haid biasanya dan penderita ini akan membutuhkan 5 pembalut dalam sehari.

Polymenorrhea tidak sama dengan metroragia. Hal ini tetntunya berbeda karena metroragia merupakan perdarahan ireguler yang terjadi diantara dua siklus sedangkan polymenorrhea terjadi hanya dalam satu siklus.

Apa penyebab polymenorrhea?

Penyebab polymenorrhea dapat terjadi karena adanya disfungsi ovarium daat terjadi klimakterium, pubertas atau adanya penyakit kronik. Hal yang umum dalam gangguan menstruasi disebabkan oleh ketidakseimbangan antara hormon yang mengatur siklus menstruasi. Penyebab adanya ketidakseimbangan hormon bisa diakibatkan anda sedang berada tahun ke 3-5 tahun menstruasi pertama, anda akan memasuki menopause, adanya masalah dengan indung telur, sedang mengalami depresi, mengalami penurunan berat badan berlebih dan pemakaian obat-obatan yang spesifik.

Menurut dr. Trika, polimenorea bisa terjadi karena faktor gangguan pada endometrium (penebalan endometrium). Biasanya penebalan terjadi karena adanya gangguan hormonal. Polimenorea bisa juga terjadi keganasan pada dinding rahim. Gejala apa yang muncul dari polymenorrhea yaitu:

  • Pada saat haid darah keluar banyak sehingga anda membutuhkan 3 – 5 pembalut dalam sehari
  • Siklus haid lebih pendek biasanya < dari 21 hari atau 26 hari

Bagaimana pencegahan polymenorrhea ?

Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya polymenorrhea yaitu dengan melakukan olahraga, olahraga tidak hanya merupakan pola hidup sehat yang dapat menghindari dari penyakit dan kebugaran fisik. Tetapi dengan olahraga dapat membuat fikiran menjadi lebih tenang. Tentunya hal ini akan membuat anda lebih rileks dan terhindar dari stress atau depresi. Penyebab terjadinya polymenorrhea yaitu diakibatkan karena stress atau depresi, Jelas saja olahraga merupakan upaya pencegahan gangguan menstruasi polymenorrhea.

Selain berolahraga mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sesuai kebutuhan merupakan salah satu upaya menghindari terjadinya polymenorrhea. Dengan makanan yang sehat dan bergizi tentunya akan membuat sistem kekebalan tubuh yang baik. Stress atau depresi penyebab polymenorrhea bisa dipengaruhi oleh makanan yang kurang sehat.

Hal apa yang harus dilakukan untuk mengobati polymenorrhea ???

Apabila anda mengalami hal diatas dianjurkan agar anda segera pergi dan mendatangi pelayanan kesehatan. Pengobatan yang akan diberikan diantaranya :

  1. Mengontrol perdarahan
  2. Mencegah perdarahan berulang
  3. Mencegah komplikasi
  4. Mengembalikan kekurangan zat besi dalam tubuh
  5. Menjaga kesuburan
  6. Merujuk pasien bila pengobatan tidak bisa diatasi (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here