Pencegahan dan Pengobatan Gangguan Variokel atau Pembengkakan Pembuluh Darah Vena

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Variokel adalah gangguan tubuh pada pria yang berupa pembengkakan pembuluh darah vena yang terdapat di kantung testis. Gangguan tersebut terjadi karena katup di dalam vena yang mengalami masalah sehingga aliran darah berbalik arah dan berkumpul ke vena. Dengan darah yang berkumpul di vena tersebut membuat pembuluh darah vena tersebut mengalami pembengkakan.

Pria yang mengalami gangguan tersebut bisa mengalami risiko infertilitas karena menurunnya produksi kualitas dan kuantitas produksi sperma. Hal tersebut terkait dengan darah yang berkumpul di kantung testis membuat suhu di area tersebut menjadi lebih panas sehingga kurang baik dalam proses produksi sperma. Namun memang tidak semua variokel menyebabkan masalah produksi sperma.

Seringkali gangguan variokel tersebut tidak terdeteksi karena tidak terlihat secara kasat mata bahkan si penderita tidak mengalami gejala apapun. Banyak pria yang baru mengetahui dirinya terkena gangguan variokel setelah dilakukan pengecekan.

Namun, mungkin saja ada beberapa gejala yang ditunjukkan seperti nyeri pada testis, terdapat benjolan yang diakibatkan oleh pembengkakan ukuran vena, dan perasaan tidak nyaman di dalam kantung testis.

Memang tidak semua pria dengan gangguan variokel harus menjalani pengobatan, namun disarankan untuk segera menghubungi dokter. Karena akibat terburuknya adalah bisa menyebabkan infertilitas, mungkin dokter akan merekomendasikan pembedahan bila memang diperlukan.

Sebelum ditentukan langkah yang harus diambil, dokter akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan skrotum. Jika dengan pemeriksaan skrotum tersebut belum mendapat hasil yang diinginkan, maka akan dilakukan pemeriksaan ultrasound yaitu mengambil gambaran vena yang terletak di skrotum dan pembengkakan di skrotum yang bukan disebabkan oleh variokel akan disingkirkan.

Jika Anda diharuskan untuk operasi maka dengan operasi tersebut bisa dilakukan penutupan vena yang mengalami gangguan dengan tujuan untuk mengalirkan darah ke pembuluh darah normal.

Alternatif lain yang mungkin dilakukan adalah embolisasi perkutan yaitu perawatan dengan tabung kecil yang dilewatkan melalui vena leher. Perawatan embolisasi perkutan ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah aliran balik darah. Embolisasi ini mulai banyak digunakan karena termasuk ke perawatan non bedah yang membutuhkan waktu pemulihan lebih pendek.

Untuk mengatasi dan mencegah gangguan variokel tersebut, bisa Anda usahakan sendiri di rumah, yaitu dengan menerapkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Menggunakan anti nyeri asetaminofen jika Anda mengalami nyeri
  • Menggunakan celana dalam atlet
  • Menghindari racun yang terpapar dari lingkungan sekitar
  • Makan makanan yang mengandung antioksidan seperti sayuran hijau dan berry
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan sperma.

Berikut di atas adalah langkah yang bisa dilakukan jika Anda merasakan gejala- gejala gangguan variokel. Namun apabila sakit terus berlanjut segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here