Pencegahan Darah Rendah saat Puasa pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selain mendatangkan pahala, berpuasa di bulan Ramadhan juga terbukti baik bagi kesehatan. Oleh karenanya, anak-anak juga sebaiknya diajarkan untuk berpuasa sejak dini. Namun, orangtua juga harus selalu memerhatikan kondisi anak saat berpuasa. Bila anak menjadi mudah lelah, atau mengeluh pusing tiba-tiba terutama saat beranjak dari posisi duduk atau mual, kemungkinan gejala-gejala tersebut mengindikasikan darah rendah.

Tekanan darah rendah (hipotensi) adalah kondisi di mana tekanan darah lebih rendah dari normal. Banyak orang mengira kurang darah (anemia) dan darah rendah itu adalah kondisi yang sama. Padahal, tidak demikian. Darah rendah berarti tekanan darah menjadi lemah, sedangkan anemia adalah kondisi di mana kadar sel darah merah mengalami penurunan.

Dalam beberapa kasus tertentu, darah rendah dapat menyebabkan anemia. Bila seseorang menderita kekurangan nutrisi atau kekurangan vitamin B12 dan asam folat, maka kemungkinan besar orang tersebut mengalami anemia. Anemia mengakibatkan tubuh tidak dapat memproduksi sel-sel darah merah yang memadai. Pada gilirannya, tekanan darah dapat melemah atau menurun akibat kadar darah yang menurun.

Di bulan puasa, darah rendah bisa terjadi akibat dehidrasi (kekurangan cairan). Ini juga menjadi alasan mengapa cuaca panas dapat mengakibatkan tekanan darah menurun. Penurunan cairan mengakibatkan penurunan pula pada volume darah. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelemahan, pusing dan kelelahan. Dehidrasi berat dapat menimbulkan efek yang sangat serius, yaitu syok hipovolemik. Kondisi ini terjadi ketika volume darah yang rendah menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba serta pasokan oksigen untuk jaringan juga menurun. Jika dibiarkan, syok hipovolemik parah dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit atau jam.

Melihat dampaknya bisa begitu serius, segera pergi ke dokter bila anak menunjukkan gejala-gejala yang mengindikasikan sebagai sesuatu yang tidak biasa guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Terlebih lagi, anak perlu mendapatkan penanganan medis segera bila mengeluhkan nyeri dada, detak jantung tidak teratur, sesak napas, demam tinggi, dan pingsan saat puasa.

Dilihat dari penyebabnya, darah rendah dapat diminimalisir dengan mencegah dehidrasi serta menerapkan pola makan gizi seimbang saat puasa. Secara singkat, pencegahan darah rendah saat puasa pada anak dapat dilakukan dengan cara:

  • Minum air dalam jumlah tepat. Agar tidak dehidrasi, tubuh memerlukan asupan air setidaknya delapan gelas saat berpuasa. Pemenuhannya dapat diatur dengan menerapkan pola 2-4-2, yaitu dua gelas di waktu berbuka puasa, empat gelas ketika malam hari hingga menjelang tidur, dan dua gelas di waktu sahur.
  • Minum elektrolit. Tidak hanya sebatas kekurangan air, elektrolit yang penting bagi tubuh seringkali turut hilang karena dehidasi. Maka dari itu, seseorang yang berpuasa disarankan mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa, saat berbuka puasa. Hal ini dapat membantu mengisi kadar elektrolit tubuh yang hilang.
  • Makan makanan yang bervariasi. Dalam pola makan gizi seimbang, makan makanan yang bervariasi sangat penting agar tubuh memperoleh kecukupan nutrisi yang diperlukannya. Pasalnya, tidak ada satu makanan pun yang memiliki kandungan gizi lengkap atau sempurna.
  • Kurangi aktivitas di luar ruangan. Cuaca panas di mana matahari sedang terik-teriknya dapat menguras cairan tubuh. Dengan demikian, sebaiknya hindari aktivitas di luar ruangan atau aktivitas yang berpotensi memicu keringat berlebihan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat puasa.
  • Kurangi kebiasaan mandi air hangat. Paparan suhu panas dari mandi air hangat juga dapat menurunkan tekanan darah secara drastis.
  • Berolahraga. Olahraga adalah salah satu kunci pola hidup sehat. Rutin berolahraga membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga tekanan darah pun menjadi lebih teratur. Meskipun sedang berpuasa, olahraga juga tetap penting agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Hanya saja, waktu dan intensitasnya perlu disesuaikan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY