Pencegahan Depresi Pada Anak Remaja

SehatFresh.com – Depresi remaja merupakan masalah kesehatan yang serius yang dapat mengakibatkan tantangan fisik dan emosional jangka panjang. Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah depresi remaja, Anda dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk membuat perbaikan – mulai hari ini.

Tawarkan dukungan tanpa syarat

Hubungan orangtua-anak yang kuat dapat membantu mencegah depresi.

Untuk membangun – atau mempertahankan – hubungan positif dengan anak Anda, Anda mungkin perlu :

  • Menyisihkan waktu setiap hari untuk berbicara
  • Cari tahu apa yang menjadikan semangat – dan menjadikan khawatir bagi anak Anda
  • Dorong anak Anda untuk mengekspresikan perasaannya
  • Mengakui prestasi anak Anda dan memuji kekuatan nya, baik itu di bidang akademik, musik, olahraga dan lain sebagainya
  • Menawarkan umpan balik positif ketika Anda melihat perilaku positif
  • Menyiapkan dan makan bersama
  • Menanggapi kemarahan anak Anda dengan tenang, jangan melakukan agresi atau serangan.
    Jika anak Anda enggan untuk berbicara, menghabiskan waktu di ruangan yang sama. Sikap peduli dapat berbicara banyak.

Kembangkan pertemanan dan jaringan sosial

Dorong anak Anda untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman dan untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Pengalaman berteman positif dan persahabatan yang kuat dapat membantu mencegah depresi. Bermain olahraga tim atau mengambil bagian dalam kegiatan lainnya mungkin bisa membantu juga, dengan meningkatkan penghargaan diri anak Anda dan meningkatkan jaringan dukungan sosialnya.

Pada saat yang sama, waspada terhadap kemungkinan masalah yang terkait dengan awal kasmaran. Pengalaman romantis yang khas, seperti menggoda dan kencan, dapat menantang untuk remaja – dan mungkin berkontribusi terhadap gejala depresi.

Perhatikan penggunaan media

Berhati-hatilah terhadap film dan acara TV yang menampilkan karakter dan situasi ideal. Jika anak Anda secara rutin membandingkan dirinya sendiri terhadap sesuatu yang ideal, perasaan kecewa atau depresi mungkin bisa mengikuti.

Tampilan yang berulang-ulang terhadap konten negatif atau kekerasan mungkin juga memperburuk perasaan depresi, mungkin dengan mempromosikan pandangan negatif atau takut dunia.

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa membaca selama masa remaja mungkin memiliki efek sebaliknya – mungkin menawarkan penyangga terhadap depresi.

Mendorong aktivitas fisik

Aktivitas fisik secara teratur – terlepas dari tingkat intensitas – mungkin memainkan peran dalam mengurangi depresi dan kecemasan pada remaja.

Untuk remaja, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan merekomendasikan satu jam atau lebih aktivitas fisik sehari. Ini termasuk kegiatan aerobik – seperti berlari, berenang, berjalan dan lompat tali – dan kegiatan penguatan otot, seperti memanjat dinding batu atau mengangkat beban.

Sarankan untuk tidur yang baik

Tidur malam yang baik dapat membantu anak Anda merasa baik, baik secara fisik maupun emosional.

Dalam penelitian terbaru, remaja yang orang tuanya membuat peraturan waktu tidur dari 10:00 atau sebelumnya secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi dibandingkan remaja yang pergi tidur pada tengah malam atau terlambat.

Selain waktu tidur yang konsisten, juga mempertimbangkan prinsip-prinsip lain dari tidur yang baik – seperti mengikuti rutinitas tidur yang konsisten dan membatasi waktu sebelum tidur.

Juga perlu diingat bahwa hubungan antara tidur dan depresi berjalan dua arah. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko depresi – dan depresi itu sendiri dapat membuat lebih sulit untuk tidur.

Pertimbangkan terapi kesehatan mental

Keluarga berbasis program pencegahan depresi – sering menggunakan jenis psikoterapi yang dikenal sebagai terapi perilaku kognitif – dapat membantu, terutama ketika ada riwayat keluarga depresi.

Selama terapi, penyedia kesehatan mental dapat membantu Anda dan anak Anda untuk:

  • Mempelajari tentang depresi
  • Mengembangkan keterampilan untuk menangani stres dengan cara yang positif
  • Berkomunikasi satu sama lain secara lebih efektif
  • Memahami efek stres dan depresi dapat hadir dalam kehidupan seseorang
  • Konsultasikan dengan penyedia kesehatan mental tentang pilihan dan apa yang mungkin sangat bekerja baik bagi anak Anda.

Sumber gambar : konsultasikesehatanrsudalihsan.org

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here