Pencegahan Katarak pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Katarak adalah penyakit yang membuat warna mata menjadi keruh, sehingga cahaya yang masuk hanya sedikit, katarak sendiri mempunyai beberapa variasi sesuai dengan tingkatannya mulai dari sedikit sampai keburaman total. Katarak yang dibiarkan berkembang dapat menyebabkan pengerasan lensa, menderita miopi, mata menjadi berwarna kuning, coklat atau putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi pemahaman akan warna biru. Katarak biasanya dapat mengenai kedua mata namun hampir selalu satu mata terlebih dahulu yang terkena, berlangsungnya katarak juga secara perlahan yang menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi mengakibatkan kebutaan jika katarak yang diderita sudah terlalu tebal.

Gejala yang ditimbulkan katarak biasanya timbul secara sedikit-sedikit ini karena katarak terbentuk dengan perlahan sehingga gejala yang ditimbulkan juga sedikit-sedikit sampai pada penglhatan penderita mulai menurun.

Beberapa gejala yang terjadi jika Anda sudah terkena katarak antara lain adalah penglihatan menjadi silau, melihat cincin di sumber cahaya, pandangan mata mulai kabur, penglihatan mata menguning, gambar menjadi ganda, terdapat lukisan/keruh atau berkabut pada mata.

Penyakit mata satu ini banyak dialami pada usia lanjut namun, tidak menutup kemungkinan kalau penyakit ini bisa menyerang usia muda, katarak telah membawa Indonesia menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara dalamĀ  banyaknya penderita yang terkena penyakit ini, yaitu sebanyak 210ribu jiwa. Maka dari itu untuk membantu Indonesia untuk turun dari posisinya diperlukan kesadaran masyarakat bahwa penyakit ini adalah penyakit yang berbahaya dan berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah katarak menghampiri mata indah Anda:

  • Menjaga kesehatan mata. Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata seperti menjaga jarak pad saat membaca buku, menonton tv, saat menggunakan komputer, ataupun pada kegiatan lainnya. Jarak pandang tersebut juga berguna untuk mencegah penyakit mata katarak atau untuk penyakit lain yang menyebabkan rusaknya mata.
  • Perbanyak konsumsi vitamin A. sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin A adalah vitamin yang baik untuk kesehatan mata maka untuk mencegah katarak datang ke mata Anda.
  • Tidak merokok dan minum alkohol. Selain akan menghadirkan banyak penyakit kedua duet rokok dan alkohol ini juga dapat menyebabkan katarak.
  • Melindungi mata dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara melindungi mata dari debu dan cahaya yang terlalu terang. Anda dapat menggunakan kacamata yang sedikit gelap ehingga tidak akan mengganggu mata terhadap paparan sinar matahari dan juga debu yang dapat membuat mata menjadi iritasi.
  • Menjaga berat badan. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh menjaga berat badan secara tidak langsung akan menjaga kesehatan mata dan untuk mencegah penyakit mata katarak. Karena jika berat badan berlebihan bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti diabetes yang akan menyebabkan penyakit mata katarak juga.
  • Makan makanan yang sehat. Makanan yang sehat akan memberikan nutrisi untuk mata sehingga tidak akan menyebabkan penyakit mata katarak karena mata selalu mendapatkan banyak nutrisi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY