Pencegahan Lemahnya Daya Ingat (Demensia) pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Demensia┬ámerupakan lemahnya daya ingat yang umumnya dialami oleh orang-orang yang udah lanjut usia. Namun, belakangan ini demensia juga dapat terjadi pada anak muda maupun orang-orang yang berusia muda. Demensia terjadi karena kerusakan bagian-bagian otak yang berhubungan dengan fungsi mengingat. Namun demensia juga bisa terjadi lebih dini karena faktor-faktor tertentu. Berikut beberapa tips yang dapat mencegah atau menurunkan resiko terjadinya demensia pada remaja:

  1. Menjaga kepala dari benturan keras atau luka berat. Makanya selalu gunakan helm saat mengenderai sepeda motor, kegiatan konstruksi lapangan dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat membahayakan kepala.
  2. Membaca dan menulis. Kegiatan ini dapat melatih dan menstimulasi sel-sel saraf otak. Itulah sebabnya saya suka sekali nongkrongin Kompasiana, membaca tulisan-tulisan yang membuat kita berpikir dan membuat tulisan yang membuat orang berpikir.
  3. Bermain catur dan permainan sejenis. Kemarin saya ngobrol-ngobrol dengan seorang kakek yang telah saya kenal semenjak saya SD. Usianya saat ini 84 tahun, sama sekali tidak menunjukkan gejala-gejala pikun. Bermain catur adalah kegiatan yang selalu dilakukannya hampir tiap hari di kedai rumah makan orangtua saya. Melakukan permainan memori. Kegiatan ini dapat meningkatkan dan menajamkan kemampuan otak, seperti teka-teki silang, teka-teki matematika dan logika dan menikmati permainan optical illusions.
  4. Gaya hidup sehat. Berolahraga secara teratur, menghindari kebiasan-kebiasaan buruk seperti merokok dan menkonsumsi alkohol. Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, makanan yang sangat baik untuk kesehatan otak diantaranya adalah coklat hitam, buah alpukat, blueberry, ikan salmon dn telur. Sebaiknya gaya hidup sehat disesuaikan dengan jam biologis. Mengenai jam biologis dan gaya hidup sehat bisa dibaca di link ini, “Harmonisasi Gaya Hidup Sehat dengan Jam Biologis”.
  5. Gaya hidup sehat juga mencakup kegiatan-kegiatan rekreasi dan hobi misalnya fotografi, melukis dan mengutak-atik sepeda motor atau komputer. Aktivitas Sosial. Menjalin tali kekeluargaan, persahabatan, menghadiri undangan pesta dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya dapat menjaga dan meningkatkan kemampuan otak, khususnya bagian otak yang mengatur fungsi komunikasi.

Demikianlah lima cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit pikun atau demensia pada remaja. Penuhi nilai gizi yang seimbang pada tubuh, serta olahraga secara teratur juga menjadi salah satu cara dalam mencegah demensia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY