Pencegahan Mata Panda Pada Wanita

www.tukarcerita.com

SehatFresh.com – Munculnya lingkar hitam pada mata atau mata panda dapat mengganggu penampilan karena wajah akan tampak lesu, kusam dan tidak memancarkan auranya. Pada dasarnya, gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor pemicu munculnya kantong mata seperti kurang tidur, pola makan tak sehat, terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dan merokok. Karena gaya hidup tak sehat seperti itu berpengaruh pada kondisi seluruh tubuh, mata panda juga dapat mengindikasikan masalah kesehatan. Menurut penelitian, lingkaran hitam di sekitar mata merupakan indikasi masalah kesehatan diantaranya anemia dan dehidrasi.

Agar mata panda tak menghalangi untuk tampil cantik, maka mulailah segera modifikasi gaya hidup Anda. Apalagi munculnya mata panda juga berkaitan dengan tanda penyakit. Beberapa cara yang dapat membantu mencegah mata pada adalah:

  • Cukup tidur. Durasi tidur yang cukup adalah salah satu syarat utama untuk memelihara kesehatan dan kecantikan. Kurang tidur malam mengakibatkan kelelahan di siang hari serta muncul pula mata panda. Ketika lelah, pembuluh darah cenderung membesar dan membuat mata menjadi sembap, sehingga menimbulkan bayangan gelap di area kulit sekitar mata. Kurang tidur juga menjadi salah satu penyebab anemia dan mata panda menjadi salah satu gejala yang berkaitan dengan anemia. Bila ingin terhindar dari mata panda, cukupi kebutuhan tidur malam Anda (6-8 jam) setiap hari.
  • Minum banyak air putih. Dehidrasi adalah penyebab lain munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang memadai, mata juga terpengaruh. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8-10 gelas air putih setiap hari.
  • Makan sehat. Asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan sehari-hari berpengaruh pada kesehatan seluruh tubuh. Munculnya lingkaran hitam di sekitar mata juga berkaitan dengan kekurangan nutrisi. Oleh karenanya, penting untuk menerapkan pola makan sehat dengan meningkatkan konsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan seperti buah dan sayuran.
  • Membersihkan riasan dengan benar. Sebelum tidur, pastikan untuk membersihkan sisa riasan wajah dengan benar, terutama bila Anda seharian memakai riasan yang tebal. Sisa riasan wajah yang tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat mengiritasi mata ketika sedang tidur. Lama kelamaan, muncullah mata panda yang mengganggu penampilan.
  • Lindungi mata dari radiasi sinar UV. Seringnya terpapar sinar matahari membuat tubuh memproduksi lebih banyak melanin sehingga kulit di area sekitar mata juga menjadi lebih gelap. Radiasi sinar UV juga dapat merusak lapisan kolagen dan menurunkan elastisitas kulit mata. Oleh karenanya, berikan lindungi dari radiasi UV agar kesehatan mata terlindungi. Saat beraktivitas ketika matahari sedang terik, kenakan kacamata hitam agar efek buruk paparan sinar matahari tidak merugikan kesehatan dan tampilan mata Anda.
  • Berhenti merokok dan hindari asap rokok. Merokok menyebabkan penurunan aliran darah sehingga kulit menjadi kekurangan oksigen dan nutrisi. Akibatnya, muncul mata panda dan kulit pun tampak kusam. Asap rokok juga meninggalkan timbunan zat-zat beracun pada lapisan kulit yang sama merugikannya bagi kulit.
  • Membatasi alkohol. Konsumsi minuman beralkohol berlebihan menyebabkan retensi cairan pada ginjal dan liver, yang mengakibatkan terjadinya pelebaran dan pembesaran pembuluh darah. Tidak hanya mata panda saja yang muncul, kesehatan organ tubuh lainnya juga dirugikan. Dalam hal ini, mata panda merupakan indikasi bahwa kinerja organ tubuh sedang dalam kondisi yang tidak baik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY