Pencegahan Mulut Gatal pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lapisan bibir sangat tipis dan sangat berbeda dengan lapisan kulit lainnya. Pada bagian bibir tidak terdapat kelenjar lemak dan tidak ditumbuhi rambut-rambut halus yang dapat melindunginya. Bibir juga sangat peka dengan sinar matahari sehingga perlu mendapat perlindungan dari sinar matahari.

Sebagai salah satu fungsinya, bibir menjadi tempat masuknya makanan dan minuman setiap hari dalam frekuensi yang cukup banyak. Padahal pada makanan dan minuman tersebut bisa saja terkandung zat yang dapat merusak bibir.

Mulut ini merupakan tempat dimulainya proses pencernaan makanan, yaitu tepatnya terjadi pada bagian rongga mulut. Proses ini dapat terjadi secara mekanis maupun kimiawi di dalam mulut. Tidak ada yang bisa dilakukan dengan sendiri termasuk pada aktivitas memproses makanan, mulut tidak bekerja sendiri, di dalam rongga mulut terdapat bagian yang membantu berlangsungnya kedua proses pencernaan tersebut. Bahkan fungsi bagian ini bisa dibilang lebih penting daripada fungsi mulut itu sendiri. Bagian tersebut adalah gigi, lidah, dan kelenjar air liur atau kelenjar ludah.

Kondisi fisik bibir yang begitu riskan dan masalah dari luar yang dihadapinya membuat bibir memerlukan perlindungan khusus baik dari dalam maupun dari luar tubuh. Gatal di bibir bisa disebabkan karena kulit bibir kering,eksim atau dermatitis, alergi, infeksi jamur (tinea), gigitan kutu, dll.

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan gatal pada mulut anak, maka pemeriksaan secara menyeluruh akan diperlukan. Dokter atau pihak medis perlu memastikan kelainan kulit yang Anak alami dengan melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis yang diperlukan seperti tes kerokan kulit, tes alergi dll. Mengetahui penyebabnya sangat penting untuk mengetahui pemilihan pengobatan apa yang bisa diberikan sesuai dengan kondisi anak. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah gatal yang terjadi pada mulut:

  • Hindari pemicu yang diketahui. Jika Anda sudah mengetahui sebab dari mulut anak yang gatal, entah itu dari faktor obat-obatan atau makanan maka sebaiknya Anak menghindari pemicu gatal tersebut agar gatal tidak menyerang lagi.
  • Jaga keseharian anak. Ketika mencoba mengidentifikasi secara jelas apa yang menyebabkan atau memperburuk gejala gatal pada mulut anak, coba untuk melihat kembali semua aktifitas yang anak lakukan. Catat ketika gejala alergi terjadi, dan tulis apa yang mungkin dapat menolong. Hal ini dapat menolong anak dan dokter anak untuk mengidentifikasi pemicu gatal pada mulut dan langkah yang terbaik untuk mencegah dan mengobati penyakit anak.
  • Memberikan pelembab secara rutin di daerah bibir. Salah satu penyebab gatalnya bibir adalah karena kulit bibir yang kering.
  • Mencegah kebiasaan menggigit bibir. Hindari menggigit bibir atau mengelupas kulit bibir agar bibir tidak terluka dan menyebabkan gatal pada mulut.
  • Perbanyak minum air putih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY