Pencegahan Obesitas pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Obesitas merupakan salah satu hal yang paling ditakutkan, tak hanya oleh orang dewasa, tapi juga oleh anak-anak dan remaja. Hal ini ikarenakan obesitas akan sangat mengganggu penderitanya untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Obesitas sendiri merupaka kondisi berat badan yang sangat melebihi batas normal. Obesitas terjadi karena, penumpukan lemak di badan yang membuat penderitanya memiliki berat badan di atas rata-rata normal.  Kali ini penulis akan membahas obesitas dikalangan remaja.

Remaja merupakaan saat dimana seseorang biasanya memiliki keinginan lebih untuk mencoba banyak hal. Namun, bagaimana bila seorang remaja mengalami obesitas? Tentu aktifitasnya akan terganggu bukan? Nah kali ini kita akan membahas pencegahan obesitas pada remaja. Berikut beberapa langkah pencegahannya:

  • Melakukan olahraga rutin. Dengan melakukan olahraga secara ruti, maka lemak dalam tubuh akan terbakar dan tdak mudah menumpuk. Lakukan olahraga dengan cara yang menyenangkan. Mengapa? Karena, di usia remaja, mereka akan lebih mudah bosan dengan olahraga yang tidak begitu menyenangkan menurut mereka.
  • Melakukan konsultasi dengan dokter. Anda harus mengonsultasikan pada dokter bila anak Anda mengalami obesitas. Dengan berkonsultai, maka diharapkan Anda akan mendapat jalan keluar atas masalah obesitas yang dialami anak Anda.
  • Menjaga konsumsi asupan. Dengan menjaga asupan makanan anak, ini akan membatu mencegah penumpukan lemak di tubuh anak sehingga akan mengurangi resiko obesitas itu sendiri.
  • Menjadi pendengar yang baik. Masa remaja adalah masa prubahan dan pencarian jati diri bagi manusia. Di fase ini, dibutuhkan peran orangtua untuk menjadi pendengar yang bagi anak mereka. Dengan menjadi pendengar yang baik, diharapkan anak tidak anak melampiaskan emosi kepada meningkatkan porsi makan. Sebab, ada beberapa anak yang melampiaskan emosi mereka dengan makan atau mengemil.
  • Menjadi contoh yang baik. Sebagai orangtua tentu akan menjadi panutan bagi anak. Hal ini berlaku untuk menjaga berat badan, asupan makanan, dan pola olahraga yang diterapkan dirumah. Tidak ada salahnya melakukan olahraga bersama dengan anak, atau melakukan diet sehat antara ibu, ayah dan anak remaja mereka.
  • Menerapkan pola makan sehat. Dengan menerapkan pola makan sehat dan menyediakan makanan sehat dirumah, akan menurunkan resiko anak remaja Anda mengalami obesitas lho.(IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY