Pencegahan Penyakit Jantung pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakut jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Darah dalam tubuh manusia tidak akan berfungsi jika jantung berhenti berdenyut, karena jantung yang bertugas mengalirkan darah ke  seluruh tubuh.

Banyak cara untuk mencegah penyakit jantung, misalnya dengan melakukan upaya promotif dan juga preventif. Karena langkah pengenalan dan pencegahan penyakit tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan biaya pengobatan, termasuk penyakit jantung. Bahkan langkah pencegahan bisa dikenalkan sejak dini, salahsatunya dengan mengenalkan akan pentingnya melakukan olahraga sejak usia dini. Misalnya saja dengan olahraga pagi rutin seperti berjalan kaki bersama dengan keluarga.

Mencegah penyakit jantung dapat dilakukan sedini mungkin, dengan cara:

  • Berhenti merokok. Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini untuk mencegah penyakit jantung agar jantung tetap sehat.
  • Konsumsi antioksidan. Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran untuk mencegah penyakit jantung.
  • Konsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan akan meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL, dan menurunkan radang. Kacang juga membantu menyehatkan jantung dengan alasan yang belum jelas. Kacang memiliki kadar asam lemak Omega 3 tinggi, memiliki protein dan serat tinggi.
  • Hindari minyak jenuh. Hindari minyak jenuh lebih dari 20 gram setiap hari, dan gunakan minyak trans sesedikit mungkin. Lemak jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Cinnamon roll (roti kayu manis) memiliki 7 gram lemak jenuh. Minyak trans (misalnya dalam mentega atau margarin), sering ditemukan dalam makanan yang diproses atau dipanggang dalam oven.
  • Makan 9 porsi sayuran dan buah setiap hari. Buah dan sayuran penuh dengan serat. Coba pelan2 tingkatkan jumlahnya dalam 2 – 6 minggu. karena jika jumlahnya meningkat drastis, malah kurang ok hasilnya, dan mempengaruhi pencernaan anda sendiri!.
  • Hindari Stres. Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY