Pencegahan Perut Kembung pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makin meningkatnya usia kandungan, wanita hamil sering kali merasa kembung. Perut kembung pada saat hamil merupakan kondisi yang biasa terjadi. Namun jika ibu secara terus menerus tidak menghiraukan faktor-faktor pemicunya, maka keadaan ini bisa sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Pada kasus ibu hamil, gas tersebut akan menjadi lebih banyak dan akan terus meningkat seiring bertambahnya usia kandungan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan merasa serba salah. Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa kencang dan penuh. Perut juga akan terasa lebih membesar daripada biasanya ketika mengalami perut kembung. Hal ini tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi siapa pun, terlebih lagi bagi ibu hamil. Rata-rata orang mungkin akan buang gas sebanyak 14-40 kali dalam sehari, tapi banyaknya gas pada ibu hamil akan lebih tinggi sehingga ibu hamil akan lebih sering buang gas ketimbang orang-orang pada umumnya. Hal ini yang dapat sangat mengganggu aktivitas ibu hamil. Terlebih lagi jika pada saat hamil, Anda masih harus bekerja.

Rasa kembung saat hamil disebabkan oleh bayi di dalam perut yang makin berkembang dan menekan perut Anda. Hal ini juga dapat membuat pencernaan melambat. Selain bayi dalam perut Anda yang makin berkembang, rasa kembung juga dapat disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron pada wanita yang sedang hamil. Hormon ini memberikan dampak relaksasi pada otot di dalam tubuh yang kemudian berdampak kepada otot sistem pencernaan.

Meski dampak dari hormon progesterone terhadap otot-otot organ pencernaan tidak bisa dihindari, tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi resiko perut kembung. Diantaranya adalah dengan cara mengurangi konsumsi jenis makanan yang memicu produksi gas berlebih dalam pencernaan. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sayangnya beberapa jenis makanan pemicu perut kembung tersebut dari sisi nutrisi justru diperlukan oleh ibu hamil, termasuk juga diantaranya adalah brokoli, kol, dan asparagus. Solusi praktisnya Anda dapat mengatur jenis makanan tersebut untuk momen yang tepat. Tidak masalah jika Anda sering buang angin saat dirumah sendiri, yang penting bunda mendapatkan asupan bernutrisi.

Berikut ada beberapa tips yang dapat mencegah perut kembung pada ibu hamil, tips terebut antara lain:

  • Mengunyah makanan dengan sempurna. Kegiatan ini dipercaya mampu menurunkan resiko produksi gas dalam perut penyebab kembung. Kebanyakan gas yang dihasilkan dalam perut dipicu oleh keberadaan bakteri dalam usus besar. Bakteri tersebut mencerna bagian makanan yang tidak dicerna secara sempurna oleh enzim pencernaan dalam lambung.
  • Menghindari konstpasi atau sembelit. Perut kembung juga dipicu oleh konstipasi, sehingga sangat disarankan agar ibu hamil mengetahui bagaimana agar terhindar dari konstpasi atau sembelit.
  • Pertimbangkan latihan-latihan yang bermanfaat untuk kesehatan dan membantu anda rileksasi sehingga mudah bernapas dengan baik. Kegiatan ini akan membuat kenyamanan ketika Anda bernapas, sehingga mempengaruhi jumlah udara yang ikut tertelan di dalam tubuh.
  • Jalan dipagi hari bisa menjadi piihan olah raga bagi ibu hamil, olahraga ini pun membantu pencernaan dan pernapasan dengan baik
  • Hindari pakaian ketat diarea pinggang dan perut
  • Hindari atau kurangi jenis minuman yang mengandung karbohindrat
  • Hindari makanan berlemak yang digoreng
  • Biasakan makan dalam porsi kecil namun lebih sering
  • Batasi jenis makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY