Pencegahan Pusing dan Sakit Kepala Akibat Air Hujan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hujan merupakan suatu anugrah yang Allah SWT turunkan kepada hambanya di bumi, hal tersebut telah dijelaskan di dalam Al-qur’an . Akan tetapi terkadang sebagian orang menganggap bahwa hujan sebagai salah satu penyebab terjadinya beberapa gangguan kesehatan seperti halnya pusing dan sakit kepala, dari anggapan tersebut maka tidak heran jika sebagian orangtua melarang anaknya untuk bermain hujan-hujanan ketika turunnya air hujan.

Air hujan bukanlah suatu penyebab terjadinya sakit kepala dan pusing. Akan tetapi hal tersebut disebabkan karena daya tahan tubuh kita sedang dalam kondisi menurun dan di tambah karena penyebaran virus dan bakteri yang terbawa oleh hujan dan perubahan suhu yang mendadak. Hal tersebut di dukung oleh pernyataan dr Leni Astuti yang menyatakan bahwa sakit kepala dan pusing yang terjadi pada seseorang yang terkena hujan disebabkan karena menurunnya suhu tubuh terutama di bagian kepala. Selain itu beliau menyatakan bahwa saat seseorang berada di lingkungan yang dingin maka kekebalan tubuh orang tersebut akan menurun karena proses adaptasi. Sehingga proses adaptasi tersebut yang menyebabkan pembuluh darah menyejadi sempit yang akan beresiko mengalami pusing.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah pusing dan sakit kepala yang diakibatkan oleh air hujan :

  1. Pada saat hujan anda disarankan untuk menggunakan pakaian pelindung yang tebal seperti sweater atau jaket. Terlebih bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor, selain menggunakan jas hujan anda juga sangat di anjurkan untuk memakai pakaian tersebut yang dilapisi dengan jas hujan.
  2. Beberapa penyakit dapat timbul setelah keujanan seperti pusing, sakit kepala, dan flu. Hal tersebut dikarenakan kondisi tubuh yang basah dan pakaian yang lembat serta paparan udara yang dingin mengakibatkan tubuh mudah mengalami beberapa gangguan tersebut. selain pusing tubuh yang basah dan lembab dapat menyebabkan gatal dan jamur di kulit. Untuk itu bagi anda yang telah kehujanan di sarankan untuk segera melepas pakaian anda dan segera ganti dengan menggunakan pakaian yang kering.
  3. Setelah sampai ke tempat tujuan maka anda di sarankan untuk segera membilas rambut yang terkena air hujan yang berfungsi untuk menghilangkan senyawa kimia dan gas yang bersifat asam yang di bawa oleh air hujan. Gunakan air hangat untuk membilasnya, hal ini bertujuan untuk menstabilkan keadaan suhu tubuh menjadi normal kembali.
  4. Disarankan untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin agar kondisi tubuh menjadi fit kembali menskipun sering terkena hujan.
  5. Apabila anda merasa pusing setelah kehujanan anda disarankan untuk mandi atau berendam dalam air hangat. Air hangat dapat menstabilkan suhu tubuh menjadi normal karena rasa dingin membuat suhu tubuh menurun. Selain itu anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri.
  6. Setelah kehujanan sebaiknya anda istirahat yang cukup untuk mengembalikan daya tahan tubuh agar menjadi bugar kembali.

Beberapa upaya pencegahan pusing dan sakit kepala akibat kehujanan yang dapat anda terapkan jika anda mengalaminya. Selain itu asupan nutrisi yang tepat dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur agar daya tahan tubuh anda tetap bisa melawan beberapa masalah kesehatan. Selain itu anda harus meimbanginya dengan melakukan olahraga. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here