Pencegahan Radang Amandel

www.klinikmedis.info

SehatFresh.com – Amandel adalah sebuah tonsil yang berada pada dua sisi bagian belakang tenggorokan. Amandel atau tonsil berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan kuman yang masuk ke tubuh dari mulut dan saluran pernafasan. Masalah yang paling sering terjadi pada amandel atau tonsil adalah peradangan yang membuat amandel menjadi bengkak dan sakit. Amandel yang bengkak juga akan membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk menelan makanan atau minuman bahkan kesulitan untuk bernafas.

Berikut ini adalah beberapa tips cara mencegah amandel agar tetap sehat :

  1. Selalu Menjaga Kebersihkan Mulut. Menjaga kebersihkan daerah mulut secara teratur adalah upaya yang sangat baik untuk mencegah peradangan amandel. Anda bisa menggosok gigi setelah makan untuk menghilangkan semua sisa makanan yang tertinggal dalam celah gigi dan gusi. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan lidah terutama yang berdekatan dengan gigi, rahang, dan tenggorokan. Langkah ini penting untuk mencegah penyebaran dan pengembangan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi amandel.
  2. Minum Air Secara Teratur. Air minum yang melewati tenggorokan dan mulut akan mencegah infeksi amandel. Air akan menjaga daerah mulut agar tidak terlalu kering. Akibat kurang minum dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan terlalu kering, maka bisa menyebabkan infeksi pada amandel. Selain itu, air juga akan membantu amandel dalam menjalankan fungsinya untuk menghalau semua kuman dan bakteri.
  3. Kumur dengan Air Garam. Air garam adalah salah satu cara mengobati amandel  Garam sangat baik untuk mencegah infeksi amandel. Dalam beberapa kasus amandel juga bisa mengecil karena semua bakteri yang menyebabkan peradangan akan mati. Langkah ini bisa dilakukan oleh anak-anak maupun remaja. Air garam sangat aman dan tidak akan memberikan efek samping.
  4. Jaga Pola Makan. Amandel terletak di bagian belakang tenggorokan. Dengan posisi seperti ini maka bisa menyebabkan amandel menjadi sangat sensitif untuk semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang sangat dilarang untuk penderita radang amandel adalah seperti:
  • Bahaya penyedap rasa, yakni bahan perasa makanan seperti MSG.
  • Bahan tambahan makanan, baik berupa pewarna maupun perasa yang mengandung zat aditif pada makanan.
  • Bahaya makanan pedas atau mengandung perasa pedas.
  • Minuman yang memakai es atau minuman dingin.
  • Makanan yang terlalu panas.
  • Bahaya minuman bersoda atau makanan yang mengandung soda.
  • Susu, telur, dan keju. Makanan yang mengandung kalsium tinggi yang bisa menyebabkan batu pada amandel.
  • Hindari makanan yang dimasak dengan cara di goreng. Semua jenis makanan yang menyebabkan radang tenggorokan juga bisa menyebabkan infeksi pada amandel.

5. Hindari Rokok. Cara mencegah amandel kambuh lagi pada orang dewasa yang pernah mengalaminya, sebaiknya juga menghindari rokok. Bahaya merokok ini karena mengandung nikotin yang akan masuk ke saluran pernafasan dan tenggorokan. Nikotin akan membuat amandel bekerja sangat keras sehingga sering menyebabkan peradangan parah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY