Pencegahan Radang Gusi Pada Pria

blogspot.com

SehatFresh.com – Sudah bukan hal aneh bahwa jarang menyikat gigi akan menimbulkan masalah rongga mulut, salah satunya radang gusi. Tapi, tahukah Anda bahwa radang gusi meningkatkan risiko timbulnya masalah ereksi? Radang gusi atau dalam dunia kedokteran disebut gingivitis, umumnya disebabkan oleh gigi yang jarang dibersihkan. Radang gusi juga bisa disebabkan karena kesalahan ketika menggosok gigi. Selain penyebab tersebut, terdapat sejumlah penyebab sekunder lainnya. Namun, kurangnya perhatian untuk merawat dan menjaga kebersihan gigi menjadi awal mula kebanyakan kasus radang gusi.

Radang gusi mengakibatkan terjadinya perubahan bentuk dan warna pada gusi. Bila dibiarkan, radang gusi dapat berkembang menjadi lebih parah di mana tulang dan jaringan penyangga gigi juga akan terpengaruh (periodontitis) sehingga gigi menjadi goyah dan akhirnya tanggal. Dampak radang gusi yang telah berkembang menjadi periodintitis juga berimbas pada peredaran darah dalam tubuh.

Radang gusi dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke penis. Ini adalah alasan sederhana mengapa radang gusi berkaitan dengan kesulitan ereksi pada pria. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine, pria di usia 30-an yang memiliki radang gusi karena penyakit periodontal menjadi tiga kali lebih berisiko memiliki masalah ereksi. Masalah ereksi pada pria terkait radang gusi ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga. Disadari atau tidak, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan kerentanan radang gusi yang akan berdampak pula pada kualitas ereksi.

Secara umum, memahami semua aspek bagaimana dan mengapa masalah kesehatan terjadi sangat penting untuk pencegahan dan penyembuhan. Terkait radang gusi, tentunya diperlukan kesadaran dan keinginan mengenai pentingnya tindakan pencegahan mengingat dampaknya yang begitu serius. Hal ini tidaklah sulit, hanya dibutuhkan kemauan dan kedisplinan. Cara terbaiknya adalah dengan menerapkan praktek kebersihan mulut yang baik secara konsisten.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya radang gusi pada pria, antara lain:

  • Tidak melewatkan pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan sekali atau sesuai anjuran dari dokter gigi. Memiliki perspektif mengenai pentingnya pencegahan suatu penyakit dan menghargai jadwal rutin pemeriksaan gigi tidak hanya mencerminkan kepedulian diri terhadap kesehatan tubuh tapi juga menyelamatkan uang Anda. Saat ini, banyak orang di luar sana menyesal karena melewatkan jadwal rutin pemeriksaan giginya.┬áTidak sedikit kasus di mana pasien terlambat menyadari menderita penyakit yang awalnya bermanifestasi sebagai masalah rongga mulut, termasuk radang gusi.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut dan menggantinya setidaknya setiap tiga bulan sekali. Sikat gigi yang pemakaiannya sudah lebih dari tiga bulan dipastikan tidak dapat membersihkan gigi secara maksimal. Ini karena bulu sikatnya cenderung sudah jarang dan kasar sehingga tidak nyaman lagi untuk digunakan dan juga dapat melukai gusi.
  • Pembersihan gigi secara maksimal dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari (setelah sarapan dan sebelum tidur malam), membersihkan lidah setiap sikat gigi, dan pembersihan dengan benang gigi setidaknya sekali sehari
  • Menggunakan obat kumur antiseptik dengan bijak. Menggunakan obat kumur antiseptik setiap hari dapat mengganggu keseimbangan bakteri di rongga mulut.
  • Meninggalkan kebiasaan merokok. Merokok meningkatkan kerentanan terhadap radang gusi dan masalah rongga mulut lainnya. Zat berbahaya dalam rokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh serta mengganggu fungsi-fungsi normal sel dalam jaringan gusi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY