Pencegahan Sembelit pada Wanita saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melakukan puasa biasanya sangat rawan terkena keluhan sembelit alias susah buang air besar. Sembelit atau konstipasi dapat diartikan sebagai gangguan pada pergerakan saluran cerna bawah sehingga menimbulkan kesulitan dalam buang air besar atau frekuensi buang air besar yang berkurang. Frekuensi buang air besar pada tiap individu sangat bervariasi dan individual sehingga sembelit hanya dapat dinilai oleh si penderita berdasarkan frekuensi buang air besar biasanya. Gejala Sembelit ini timbul pada ± 1-2 persen dari populasi umumnya.

Seringkali sembelit dapat sembuh sendiri atau hanya karena perubahan jenis makanan yang dimakan, tetapi sembelit juga dapat merupakan bagian dari penyakit atau kelainan yang timbul pada saluran cerna bawah.

Jika keluhan ini tidak diatasi dengan cepat dan tepat, Maka akan memicu timbulnya penyakit Ambeien yang mengakibatkan pendarahan pada bagian luar maupun dalam anus. Dalam keadaan parah, sembelit ini bisa memicu timbulnya penyakit kanker usus.

Gejala yang sering dialami :

  • Perut kembung
  • Susah BAB
  • Harus mengejan dengan kuat
  • Perut berbunyi
  • Sering kentut
  • Sakit punggung
  • Perut terasa tidak nyaman dan sakit

Sembelit/kontipasi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya asupan air minum, kurang mengkonsumsi makanan berserat, stress, pola hidup yang tidak sehat, sering menunda-nunda BAB dan lainnya.

Jika Anda mengalami berbagai gejala diatas, Maka segera lakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk meminimalisir tingkat keparahan yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan Anda. Karena itu, Anda bisa ikuti langkh-langkah dibawah ini :

  1. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat pada saat berbuka maupun sahur
  2. Perbanyak asupan air putih minimal 8 gelas / hari bisa dilakukan pada saat berbuka dan sahur
  3. Hindari makanan berlemak secara berlebih
  4. Biasakan buang air besar secara teratur
  5. Jangan memaksakan untuk BAB bila susah untuk dikeluarkan
  6. Istirahat yang cukup
  7. Kurangi konsumsi kafein
  8. Konsumsi banyak sayur dan buah-buahan
  9. Konsumsi suplemen herbal untuk melancarkan BAB

Salah satu penyebab sembelit adalah kurangnya olahraga, maka perbanyaklah olahraga Olahraga sangat baik untuk kebugaran selama berpuasa. Dengan berolahraga, terjadi pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY