Pencegahan Telinga Gatal pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Telinga adalah organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra pendengaran dan organ yang menjaga keseimbangan. Telinga merupakan organ yang berperan terhadap pendengaran akan suara atau bunyi, hal ini dapat terjadi karena telinga memiliki reseptor khusus yang berfungsi untuk mengenali getaran suara.

Telinga merupakan organ yang dipenuhi serat saraf yang sensitif, maka jika terjadi sedikit gangguan saja, telinga bisa memberikan reaksi tertentu, salah satunya adalah timbulnya rasa gatal.

Telinga gatal dapat diamalai oleh siapa saja termasuk pada remaja, namun sayangnya telinga gatal sering dianggap sebagai hal yang biasa. Padahal telinga gatal dapat menjadi tanda adanya kondisi lain yang lebih serius. Seperti tanda dari beberapa penyakit seperti: penyakit Infeksi telinga (otitis eksterna) penyakit ini adalah terjdinya infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Psoriasis, merupakan penyakit jangka panjang (kronis) yang menyerang kulit. Dermatitis saluran telinga, kondisi ini terjadi akibat peradangan pada kulit dalam telinga dan saluran telinga. Rhinitis, peradangan pada lapisan rongga hidung yang dapat bersifat musiman ataupun terjadi secara terus-menerus, dan lainnya.

Penyebab telinga gatal antara lain adalah adanya peningkatan dan penurunan kadar kotoran telinga. Masalah kulit seperti eksim, dermatitis seboroik atau psoriasis juga bisa menjadi penyebabnya. Sering menggaruk telinga. Infeksi jamur yang berkembang karena terus-menerus terkena air. Orang-orang yang alergi terhadap debu juga dapat menderita telinga gatal. Bahkan orang-orang yang sensitif terhadap shampo dan hairspray dapat mengalaminya. Kutu atau serangga masuk dan terjebak di dalam saluran telinga dapat menyebabkan gatal, iritasi, dan suara berdengung di telinga.

Keluhan telinga gatal tentu begitu mengganggu siapa saja yang mengalaminya, maka berikut adalah beberapa tips untuk mencegah telinga gatal yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Hindari kelembapan. Anda perlu menjaga telinga agar kering utuk meringankan teling gatal. Jika sesuatu hal mengharuskan Anda untuk rajin berenang, maka selalu gunakanlah topi renang sehingga meminimalisir cairan yang masuk ke dalam telinga. Keringkan telinga setelah mandi dengan memiringkan kepala dan membersihkanna dengan handuk.
  • Menghindari penyebab gatal. Menghindari benda apapun yang menyebabkan reaksi alergi ketika menempel pada telinga, seperti anting, penutup teliga, dll. Anda bisa menggunakan anti-alergenik untuk menghindari gatal akibat alergi.
  • Bantal pemanas. Tempatkan bantal pemanas pada telinga untuk menghindari infeksi jamur dari papan air.
  • Hindari menggaruk telinga. Sering menggaruk telinga dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan dalam telinga, sehingga sensitif dan rentan terhadap infeksi telinga seperti otitis eksterna, salah satu gejala yang muncul adalah gatal pada telinga.
  • Hindari memasukan benda apapun ke telinga yang beresiko menyebabkan iritasi. Telinga merupakan bagian tubuh yang sangat sensiti, sehingga Anda tidak boleh sembarangan memasukkan benda apapun ke telinga dan menggaruknya. Hal tersebut dapat merusak telinga bagian dalam atau bahkan gendang telinga, yang dapat menebabkan telinga rentan terhadap infeksi.
  • Hindari mengorek-korek bagian dalam telinga. Aktivitas ini dilarang karena dapat mendorong kotoran masuk ke dalam, dan memperparah infeksi. Bila ingin membersihkan telinganya, cukup bagian luarnya saja.
  • Bersihkan telinga secara teratur pada dokter THT. Ini dilakukan untuk menjaga kondisi telinga agar tetap baik dan sehat.

Gatal pada telinga adalah salah satu kondisi kesehatan yang membuat risih dan dapat menyebabkan terlalu banyak iritasi. Telinga adalah bagian yang sangat sensitif dari tubuh yang penting untuk dijaga dan masalah telinga yang terjadi harus segera diobati dengan hati-hati.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY