Pencegahan Tinja Berwarna Gelap

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kadang seseorang menemukan warna tinjanya tidak seperti biasa, tapi lebih mirip dengan warna makanan yang dikonsumsinya. Hal ini bisa jadi makanan atau minuman yang dikonsumsi bisa mempengaruhi warna tinja yang keluar.

Awalnya organ hati akan memproduksi cairan empedu dan menyimpannya di dalam kantong empedu. Nantinya kantong empedu akan mengeluarkan cairan ke dalam usus kecil untuk membantu proses pencernaan. Cairan empedu inilah yang memberikan warna khas pada tinja.

Warna dari tinja ini dipengaruhi oleh kondisi medis, makanan serta minuman yang dikonsumsi, karena itu sangat mungkin warna tinja berubah sesuai dengan makanan yang dikonsumsi, sedangkan tinja berwarna hitam selain menunjukkan adanya darah bisa juga terjadi akibat pengaruh makanan atau obat. Mengonsumsi licorice ini adalah sejenis tumbuhan yang dikenal dengan akar manis, mengonsumsi suplemen penambah zat besi atau obat yang mengandung bismuth bisa membuat tinja berwarna hitam.

Secara normal, tinja atau kotoran manusia berwarna kuning atau kecoklat-coklatan. Kotoran berwarna hitam berarti menandakan adanya darah di dalam tinja. Darah menjadi hitam akibat adanya pendarahan yang berasal dari saluran pencernaan bagian atas, yang meliputi kerongkongan, perut dan bagian atas dari usus kecil.

Beberapa penyebab tinja berwarna gelap seperti Peptic Ulcer (bisul perut atau tukak lambung), Gastritis (radang perut), dan Air mata Mallory-Weiss.

Tinja yang berwarna gelap menunjukan keadaan di dalam organ perncernaan Anda, tidak jarang warna tinja juga menunjukan adanya gangguan penyakit yang sedang dialami, melihat dari penyebab feses berwarna hitam diatas Anda harus perhatikan agar tidak menyebabkan kondisi yang semakin parah, tinja yang berwarna hitam dapat dianggap berbahaya tapi juga bisa dianggap aman tergantung dari faktor pemicunya.

Sebelum warna tinja Anda menjadi gelap maka berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Diet seimbang dan sehat. Kebanyakan penyebab tinja warna hitam berhubungan dengan pencernaan. Maka untuk menyehatkan pencernaan, diet dengan makan makanan penuh nutrisi yang seimbang sehingga baik untuk kesehatan organ tubuh bagian dalam.
  • Mengurangi asupan zat besi. Mengonsumsi sumber makanan berzat besi memang baik, namun menyeimbangkannya sehingga tak akan terlalu banyak adalah ide yang lebih bagus dan sehat. Maka jika berlebihan, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung zat besi super tinggi. Makanan yang termasuk memiliki kandungan zat besi cukup tinggi antara lain: bebek, sarden, gurita, hati sapi, daging sapi, ikan makarel, telur, bayam, tomat, kentang, edemame, kedelai, dan masih banyak lagi.
  • Banyak minum air putih. Tentu minum air putih sangat membantu dalam hal kesehatan, bahkan untuk membuat proses buang air besar lancar dan membuat warnanya tidak aneh-aneh. Pencernaan pun akan selalu aman bila mengonsumsi banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY