Penderita Tuberkulosis Harus Mencukupi Asupan Nutrisi Berikut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tuberculosis (TBC) merupakan  infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan dapat diobati dengan antibiotik. Namun berobat saja tanpa memastikan asupan nutrisi yang baik tetap berisiko membuat penyakit anda susah sembuh. Maka dari itu, anda harus sebisa mungkin berusaha mencukupi nutrisi untuk TBC dengan makan sehat seimbang. Berikut daftar asupan nutrisi bagi penderita TBC:

  1. Vitamin dan Mineral

Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga Anda jadi lebih rentan terhadap infeksi. Vitamin dan mineral sangat Anda butuhkan dalam jumlah banyak saat Anda sakit TBC. Vitamin dan mineral yang penting untuk penderita TBC sebagi berikut:

  • Vitamin A

Vitamin A diperlukan dalam fungsi limfosit T dan B, aktivitas makrofag, dan respon antibodi. Kesemuanya itu merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Pengidap TBC yang banyak mengonsumsi vitamin A tentu memiliki kondisi yang lebih baik daripada yang kekurangan vitamin A. Kebutuhan asupan vitamin A meningkat pada penderita TBC karena terjadi peningkatan ekskresi dan metabolisme vitamin A dalam tubuh. Anda dapat mendapatkan vitamin A dari wortel, tomat, bayam, ubi, selada, asparagus, seledri, hati sapi atau ati ayam, telur, mangga, semangka, dan masih banyak lagi.

  • Vitamin C

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin C, sangat dibutuhkan untuk penderita TBC untuk melawan radikan bebas. Karena fungsinya ini, tentu vitamin C banyak dibutuhkan oleh penderita TBC. Bahkan, penelitian juga telah membuktikan bahwa terdapat hubungan antara kekurangan vitamin C dan penyakit TBC. Vitamin C dapat diroleh dari makanan seperti jeruk, kiwi, strawberry, pepaya, paprika merah dan brokoli.

  • Vitamin D

Vitamin D berperan penting meningkatkan fungsi makrofag, salah satu jenis sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam melawan kuman penyebab TBC. Vitamin D ini bisa diperoleh dari makanan seperti jamur, minyak ikan, tahu, kuning telur, susu dan masih banyak lagi.

  • Seng

Seng memiliki peran penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi serta radikal bebas. Penderita TBC umumnya memiliki kadar seng yang lebih rendah dibandingkan orang sehat. Seng juga berperan dalam metabolisme vitamin A. Kekurangan seng dapat mengganggu retina dalam mengikat protein serta mengurangi konsentrasi plasma retina. Makanan yang mengandung seng antara lain daging, ayam, kerang, kepiting, jamur, bayam, brokoli, bawang putih, susu dan dark chocolate.

  • Selenium

Selenium juga memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan selenium dari konsumsi seafood, ikan, daging, biji bunga matahari, roti dan jamur.

  • Zat Besi

Penderita TBC memiliki hemoglobin yang lebih rendah daripada orang sehat. Oleh karena itu, penderita TBC membutuhkan lebih banyak zat besi untuk mencegah anemia. Zat besi bisa Anda peroleh dari daging merah, sayuran hijau (seperti bayam, brokoli, kale, sawi), sayuran yang telah difortifikasi dan lainnya.

  1. Protein

Protein dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat melawan infeksi lebih baik. Selain itu, protein juga membantu memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Usahakan masukkan juga menu protein seperti daging tanpa lemak, telur, susu, ikan dan kacang-kacangan.

  1. Kalori

Kalori (energi) merupakan kebutuhan nutrisi yang paling penting bagi penderita TBC. Dengan meningkatkan asupan kalori maka akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here