Penentuan Stadium Kanker Payudara

SehatFresh.com – Benjolan di payudara, atau perubahan bentuk payudara, ukuran, atau kualitas kulit dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang berbeda, tidak selalu berarti kanker. Diagnosis kanker payudara yang positif hanya dapat dicapai melalui pemeriksaan jaringan payudara. Untuk memahami diagnosis, penting bagi kita sebagai wanita untuk mengedukasi diri segala hal tentang penyakit ini, termasuk tentang stadiumnya dan apa arti dari hal tersebut. Ini guna meningkatkan kewaspadaan kita terhadap penyakit wanita yang mematikan ini.

Penentuan kanker ditentukan berdasar pertimbangan apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain. Sistem yang paling umum digunakan untuk penentuan stadium adalah sistem TNM.

  • T (tumor): ukuran tumor dan seberapa jauh tumor telah menyebar di dalam payudara dan organ terdekat.
  • N (nodes): ada atau tidak penyebaran kanker ke kelenjar getah bening setempat.
  • M (metastasis): ada tidaknya penyebaran sel kanker ke organ yang jauh.

Dalam sistem TNM, setiap huruf dikaitkan dengan nomor untuk menjelaskan seberapa jauh kanker telah berkembang. Setelah penentuan stadium sesuai TNM ditentukan, informasi ini digabungkan menjadi sebuah proses yang disebut tahap pengelompokan (stage grouping). Tahap pengelompokan adalah metode penentuan stadium umum, yang digambarkan dengan angka dari 0 sampai 4. Semakin rendah angka, semakin dini kanker terdeteksi.

Stadium 0

Stadium 0 menggambarkan kanker payudara non-invasif (“in situ”). Ductal carcinoma in situ (DCIS) adalah contoh dari kanker payudara stadium 0.

Stadium 1

Stadium 1 menandakan identifikasi pertama kanker payudara invasif. Pada stadium ini, ukuran tumor tidak lebih dari 2 cm diameter (atau sekitar 3/4 inci). Kanker payudara stadium 1 dibagi menjadi dua kategori (1A dan 1B).

  • Stadium1Aberartiukuran tumoradalah 2cmatau lebih kecil, danbelum menyebardi luarpayudara.
  • Stadium1Bberarti bahwakelompokkecil selkanker payudaraditemukanpadakelenjar getah bening. Biasanya, tidak adatumorterpisah yang ditemukandi payudaraatauukuran tumor hanya 2cmatau lebih kecil.

Stadium 2

Penentuan stadium 2 merujuk pada beberapa kondisi :

  • Pada stadium 2, ukurantumorkurang dari2cm (3/4 inci), tetapi telah menyebarke kelenjar getah beningdi bawah lengan.
  • Ukuran tumor antara 2dan5cm (sekitar 3/4 inci sampai2inci) danada kemungkinan telah menyebar kekelenjar getah beningdi bawah lengan.
  • Tumorlebih besar dari5cm (2 inci), namunbelum menyebar kesetiapkelenjar getah bening.
  • Tidak adatumorterpisahditemukanpada payudara, namunkanker payudaralebih besar dari2milimeterditemukan dalamsatu hingga tigakelenjar getah beningdi bawah lenganatau dekattulang dada.

Stadium 2 kanker payudara dibagi menjadi stadium 2A dan 2B. Pada stadium 2A, tidak ada tumor ditemukan di payudara atau tumor lebih kecil dari 2 cm. Kanker dapat ditemukan di kelenjar getah bening atau tumor lebih besar dari 2 cm tetapi lebih kecil dari 5 cm dan kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening. Pada stadium 2B, tumor mungkin lebih besar dari 2 cm, lebih kecil dari 5 cm, dan sel-sel kanker payudara ditemukan juga pada kelenjar getah bening atau tumor juga mungkin lebih besar dari 5 cm, tetapi kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Stadium 3

Pada stadium 3A, ukuran tumor lebih besar dari 5 cm (2 inci) dan telah menyebar ke satu hingga tiga kelenjar getah bening di bawah lengan, atau telah menyebar ke beberapa kelenjar getah bening.

Pada stadium 3B, tumor telah menyebar ke jaringan di dekat payudara , otot kulit dan dada,  dan mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening dalam payudara atau di bawah lengan.

Pada stadium 3C, tumor dari berbagai ukuran yang telah menyebar ke :

  • 10atau lebihkelenjar getah beningdi bawah lengan.
  • ke kelenjar getah beningdi atasatau di bawahtulang selangkadandekatleherdi sisi payudara yang terkena.
  • ke kelenjar getah beningdi dalampayudaraitu sendiridandi bawah lengan.

Stadium 4

Stadium 4 kanker payudara telah menyebar ke bagian tubuh yang jauh (metastasis) seperti paru-paru, hati, tulang, atau otak. Pada stadium ini, kanker lanjutan dan pilihan pengobatan untuk kesembuhan sangat terbatas.

Sumber gambar : SehatFresh.com 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY