Pengaruh Makanan Pedas Terhadap Ibu Hamil

SehatFresh.com – Amankah makanan pedas bagi ibu hamil? Pertanyaan tersebut mungkin selalu muncul di benak para ibu hamil. Asumsi yang beredar di masyarakat mengenai jawaban pertanyaan tersebut juga berbeda. Berbicara tentang kehamilan, tubuh ibu cenderung lebih sensitif sehingga banyak pantangan yang harus hindari. Hal ini tentunya demi menjaga kesehatan ibu hamil agar senantiasa dalam keadaan sehat karena kondisi tubuhnya sangat mempengaruhi janin yang dikandungnya.

Pada beberapa ibu hamil, rasa pedas bisa membuat makan menjadi lebih berselera. Pada trimester pertama, calon ibu seringkali mengalami morning sickness dengan gejala rasa mual dan muntah akibat akibat perubahan hormon pada kehamilan. Hal ini bisa membuat ibu kurang berselera untuk makan. Pada keadaan tersebut, calon ibu biasanya membutuhkan perangsang rasa pedas.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan pedas. Pernyataan ini sebenarnya tidak salah tetapi hanya kurang tepat. Ibu hamil masih bisa mengonsumsi makanan pedas dengan catatan masih dalam batas normal. Konsumsi makanan pedas yang menjadi bahaya adalah ketika ibu makan pedas secara berlebihan. Hal ini membuat ibu beresiko tinggi terkena diare. Diare dapat memicu terjadinya dehidrasi dan kontraksi.

Pada prinsipnya, makanan apa pun dapat dikonsumsi selama kehamilan asalkan sehat. Makanan pedas boleh-boleh saja dikonsumsi. Karena makanan pedas tidak menganggu pertumbuhan janin secara langsung. Meski aman dikonsumsi selama hamil, makanan pedas tetap perlu diwaspadai terutama jika ibu memiliki pencernaan yang sensitif. Jika ibu mengalami diare akibat makanan pedas, maka ibu berisiko dehidrasi (kekurangan cairan dan elektrolit). Kondisi inilah yang dikhawatirkan mengganggu kesehatan janin karena dehidrasi menyebabkan berkurangnya pasokan nutrisi yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Berbagai mitos yang beredar di masyarakat mengenai pengaruh buruk makanan pedas terhadap kehamilan belum terbukti secara ilmiah. Namun, beberapa wanita hamil mungkin disarankan menghindari makanan pedas jika mereka mengalami gejala tertentu. Para ahli menegaskan bahwa makanan pedas bukanlah pantangan bagi ibu hamil. Yang perlu dihindari saat hamil adalah daging yang belum matang dan susu yang tidak dipasteurisasi. Ibu juga dianjurkan untuk menghindari makanan laut seperti ikan hiu, tidak, dan mackerel yang cenderung mengandung merkuri tinggi yang bisa berdampak pada perkembangan janin dalam kandungan dan meningkatkan risiko cacat lahir.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY