Pengaruh Minuman Bersoda pada Wanita Sedang Menstruasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menstruasi atau biasanya dikenal dengan haid adalah suatu proses perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon  reproduksi baik FSH estrogen atau LH progesteron yang akan di tandai dengan pengeluaran darah merah dari alat kelamin wanita. Dan apa kah hubungannya menstruasi dengan minuman yang bersoda?

Pada saat seorang wanita mengalami menstruasi banyak sekali larangan yang di tunjukan saat wanita sedang menstruasi, mulai dari menggaruk pinggang atau perut yang gatal karena akan menimbulkan sulit atau biasanya sering juga dikenal sebagai singkayo, tidak diperbolehkan keramas karena akan mengakibatkan memperlama proses menstruasi sehingga bahkan dilarang untuk minum minuman yang bersoda karena dipercaya akan memperparah sakit pada menstruasinya. Bahi semua wanita menstruasi merupakan masalah. Karena banyak wanita memang mengeluh sakit pada perutnya dan mereka sangat khawatir tentang mitos-mitos yang sudah tersebar luas dimana saja. Dibawah ini merupakan mitos mitos yang tersebar luas tentang larangan wanita yang sedang mengalami menstruasi.

  1. Tidak dibolehkan makan lebih banyak saat menstruasi

Seorang wanita merasakan lebih banyak makan, menurut penelitian menyebutkan bahwa wanita rata-rata mengkonsumsi sekitar 110-500 kalori lebih banyak dihari-hari sebelum menstruas. Selain itu juga pada perubahan hormon kewanitaan yang akan terjadi setiap bulan akan menambah napsu makannya saat menjelang dan sampai menstruasi.

  1. Tidak diperbolehkan minum minuman yang bersoda

Nah hal ini banyak sekali yang sering dilarang atau diperbincangkan bahwa minuman minuman yang berkarbonasi atau bersoda akan mengeluarkan darah haid yang lebih banyak. Namun nyatanya belum ada penelitian yang membenarkan hal itu. Peneliti baru mengamati bahwa kenaikan soda pada masa subur sering dengan kenaikan volume urine di periode yang sama dan tidak dilaporkan efek samping dari konsumsi soda.

  1. Tidak dibolehkan untuk keramas saat menstruasi

Belum terdapat penelitian tentang hal ini bahkan disebutkan bahwa keramas mandi dengan air hangat justru akan memberikan efek relaks dan mengurangi kram saat datang bulan.

  1. Susu merupakan minuman yang mengurangi saat datang bulan

Hal ini memang benar karena pada wanita yang suka nyeri saat menstruasi mengalami sakit perut. Seperti sebuah study yang dipublikasikan oleh Journal of Obstetrics and Gynaecology Research menemukan bahwa perempuan yang sedang menstruasi mengkonsumsi susu akan mengalami rasa sakit datang bualan yang signifikan lebih rendah dari pada yang tidak mengkosumsi susu. Perlu anda tahu kandungan susu magnesium yang diketahui akan dapat meringankan rasa nyeri pada saat menstruasi.

Diatas adalah mitos dan fakta yang perlu diketahui anda ketika mengalami menstruasi. Hal yang boleh lakukan saat menstruasi dan tidak akan mengalami efek yang negatif bila di lakukan, semoga bermanfaat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here