Pengaruh Penyakit Ginjal Dalam Hal Seksualitas

SehatFresh.com – Jika Anda menderita penyakit ginjal kronis, keharusan untuk menjalani dialisi (cuci darah) tentunya akan sangat berpengaruh pada berbagai aspek dalam kehidupan, seperti pekerjaan, pekerjaan rumah tangga, makanan dan keuangan. Anda juga mungkin dihadapkan dengan rumitnya manajemen pengobatan dan keterbatasan fisik. Keprihatinan tentang citra tubuh dan perubahan gairah seks juga dapat timbul. Seksualitas mencakup komponen fisik dan emosional, yang keduanya dapat dipengaruhi oleh penyakit ginjal kronis.

Penyakit ginjal dapat menyebabkan perubahan kimia dalam sirkulasi tubuh yang memengaruhi fungsi saraf, hormon dan tingkat energi. Selain itu, kondisi kesehatan yang berkontribusi terhadap penyakit ginjal kronis seperti tekanan darah tinggi atau diabetes juga dapat menurunkan kualitas kehidupan seksual.

Berikut adalah beberapa isu seksualitas, faktor dan hambatan yang dihadapi oleh pasien dengan penyakit ginjal :

  • Pria : penurunan minat seksual, susah ereksi, susah mencapai ejakulasi, takut ditolak, dan tidak percaya diri dengan citra tubuh.
  • Wanita : penurunan minat seksual, susah terangsang, susah orgasme, nyeri ketika hubungan badan, merasa tidak menarik, dan sulit hamil atau berisiko tinggi mengalami keguguran ketika berhasil hamil.

Pasti selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah. Jangan malu untuk meminta bantuan profesional, seperti seksolog. Terapi seks dapat membantu dengan berfokus pada peningkatan komunikasi dengan orang yang dicintai. Mengungkapkan kebutuhan dan kesulitan seks pada pasangan bisa menciptakan pemahaman secara emosional, serta mengurangi stres. Seks itu tidak melulu soal fisik. Keintiman bisa dibangun melalui berbagai cara. Berpegangan tangan, berpelukan atau mengingat momen romantis dapat membantu Anda dan pasangan fokus pada apa yang benar-benar penting dalam hubungan.

Kesuburan dapat berkurang pada pria dan wanita yang telah divonis memiliki penyakit ginjal kronis. Jika Anda ingin memiliki anak, berbicara dengan dokter sebelum mencoba hamil. Pria dan wanita dengan penyakit ginjal kronis masih berpeluang memiliki anak. Tapi, kondisi setiap orang tidaklah sama. Memang canggung untuk membicarakan masalah seks dengan orang lain, tapi dokter atau ahli terapi seks dapat mendengarkan dan memberikan saran dan arahan untuk masalah yang sedang Anda dan pasangan hadapi.

Perawatan dengan melibatkan obat-obatan mungkin cocok untuk beberapa orang yang frustasi dengan masalah seksual yang mereka hadapi akibat penyakit diderita. Terapi mungkin termasuk penggantian hormon, antidepresan, obat peningkat kinerja seksual atau menurunkan dosis obat yang sedang digunakan. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati masalah disfungsi seksual harus selalu diresepkan oleh dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda.

Sumber gambar : obatginjal.info

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY