Pengaruh Pola Hidup Modernisasi yang Rentan Terhadap Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja di Indonesia sebagai calon penerus bangsa, harus mempunyai karakter yang baik. Selain itu remaja juga harus memiliki kecerdasan yang dilandasi ilmu agama, iptek, serta wawasan yang luas. Rusaknya moral generasi muda, secara tidak langsung akan menjadi awal bagi runtuhnya suatu bangsa.

Realitanya remaja di Indonesia dewasa ini sudah banyak terpengaruh westernisasi dan modernisasi, sehingga mengabaikan adat ketimuran. Padahal Indonesia telah dikenal sebagai negara yang sangat memperhatikan nilai-nilai moral dan adat istiadat.

Tidak dipungkiri jika sebagian generasi muda di Indonesia mengalami krisis moral, sekaligus menjadi korban dari gaya hidup barat. Hal tersebut merupakan buntut dari semakin banyaknya gaya hidup dari luar negeri yang diadopsi masyarakat Indonesia.

Berbagai fakta muncul sebagai bukti bahwa remaja di Indonesia mengalami kemerosotan nilai akhlak, moral, serta adat ketimuran. Meski memprihatikan, namun itu adalah kenyataan yang harus dihadapi bersama. Berbagai pihak harus bahu-membahu untuk membentengi kehidupan sosial masyarakat, agar tidak tergerus oleh arus negatif globalisasi.

Remaja mengisi waktu luang di warnet

Berbagai aktivitas remaja menunjukan bahwa gaya hidup kebarat-baratan telah merasuk dalam keseharaiannya. Misalnya saja remaja yang lebih senang untuk memanfaatkan waktu dengan bermain di warnet. Aktivitas yang sering dilakukan antara lain bermain game online, media sosial, hingga membuka situs terlarang.

Internet sebagai produk modernisasi memang membawa dampak positif dan negatif. Tidak masalah jika remaja memanfaatkan internet untuk kegiatan positif yang membantu tugas sekolah ataupun sebagai ajang silaturahmi. Namun akan menjadi masalah jika internet dimanfaatkan remaja untuk mengakses situs-situs yang dilarang.

Remaja berkumpul pada malam hari

Aktivitas berkumpul pada malam hari sering juga dilakukan para remaja. Apabila kegiatan tersebut dilakukan karena ada keperluan penting, mungkin tidaklah terlalu bermasalah. Namun jika remaja melakukan hal tersebut dengan maksud dan tujuan yang tidak jelas, maka aktivitas itu yang tidak dibenarkan.

Bahkan tidak jarang sebagian remaja yang melakukan kegiatan negatif ketika berkumpul di malam hari dengan minum-minuman keras, berjudi atau pun memakai narkoba. Kondisi tersebut sudah menjadi rahasia umum, bagi pergaulan remaja di kota besar atau pedesaan.

Remaja terlibat seks pranikah

Remaja sebagian juga terjerumus pada aktivitas seks pranikah. Hal tersebut dibuktikan dengan kasus-kasus remaja yang hamil di luar nikah. Masa remaja yang merupakan masa transisi menuju kedewasaan, memiliki ciri khas mulai menyukai lawan jenis. Hubungan pertemanan yang tidak dilandasi dengan nilai moral dan agama, tentu saja bisa menjadi penyebab terjerumusnya remaja ke dalam seks pranikah.

Faktor penyebab kemerosotan nilai agama dan moral pada remaja

  1. Remaja kurang mendapat pendidikan agama dan moral di dalam keluarga.
  2. Remaja kurang mendapat perhatian dan kasih sayang di dalam keluarga.
  3. Remaja kurang mendapat perhatian dari lingkungan sekitar.
  4. Remaja terpengaruh pola hidup individualisme yang negatif.
  5. Remaja mendapat pengaruh negatif dari teman pergaulan. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY