Pengaruh Puasa Terhadap Berat Badan pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa di bulan ramadhan memberikan banyak manfaat bagi pelaksananya, salah satunya manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak sedikit wanita menggunakan waktu berpuasa untuk membuat berat badan ideal.

Puasa mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan  yang dapat berujung pada penyakit berat lainnya seperti dementia, sarcopenia, penyakit jantung, kanker, peradangan, katarak, osteoporosis, diabetes tipe 2, hipertensi, hingga alzheimer.

Organ tubuh dapat beristirahat saat puasa dan miliaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran, toksin/racun dari dalam tubuh, meremajakan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak dengan yang baru serta untuk memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kulit orang yang sering berpuasa akan terlihat lebih segar, sehat, lembut, dan berseri. Proses detoksifikasi termasuk didalamnya proses pembakaran lemak berlebih dalam tubuh yang pastinya membuat berat badan tubuh berkurang.

Pengaruh puasa terhadap berat badan seseorang bergantung dari pola hidup dan pola makan yang diterapkan oleh masing-masing pribadi. Waktu makan yang terbatas selama puasa umumnya membuat wanita lebih mudah mengalami penurunan berat badan, namun puasa bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara ekstrim apabila salah menerapkan pola makan.

Bermalas-malasan, lebih banyak tidur di siang hari, jarang melakukan aktivitas fisik karena merasa letih, buka puasa dan sahur tidak terkontrol pola makannya yang cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, merupakan pola yang salah dalam berpuasa. Kebiasaan seperti ini menyebabkan berat badan tidak terkontrol hingga menjadikan seseorang obesitas.

Dibalik banyaknya manfaat puasa itu sendiri, tetap saja pola hidup dan pola makan dalam kesehariannya turut andil dalam mempengaruhi berat badan. Sebaiknya tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan saat berpuasa dan mengontrol asupan makanan dengan protein dan serat yang tepat agar berat badan stabil dan ideal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY