Pengaruh Teknologi Terhadap Moral dan Kepribadian Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seiring perubahan waktu, perkembangan teknologi begitu pesat. Manusia semakin dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan di bidang komunikasi, transportasi, ekonomi, hingga pendidikan. Tapi tahukah pembaca jika perkembangan teknologi juga bisa memberikan pengaruh terhadap moral dan kepribadian remaja?

Dampak positif dari perkembangan teknologi

Tidak dipungkiri jika perkembangan teknologi dapat menghadirkan dampak positif bagi remaja, di antaranya membantu dalam proses pendidikan. Misalnya internet yang dapat dijadikan sarana untuk mencari sumber belajar dengan cepat, sehingga bisa menambah pengetahuan remaja.

Contoh lainnya adalah smartphone yang dapat membantu remaja untuk berkomunikasi secara lebih efiesien, termasuk berdiskusi mengenai materi pelajaran. Interaksi menjadi lebih efektif dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Perkembangan teknologi memang dapat memperluas sosialisasi remaja. Hanya saja jika tidak digunakan dengan benar, teknologi akan membawa dampak buruk bagi pergaulan remaja. Alhasil tidak sedikit remaja yang lebih memilih mengurung diri di kamar untuk menikmati internet atau bermain game di ponselnya.

Dampak negatif dari perkembangan teknologi

Dengan perkembangan teknologi, keseharian manusia menjadi lebih efisien. Hanya saja perkembangan teknologi juga memberikan dampak negatif bagi manusia, khususnya para remaja. Salah satunya adalah perubahan moral dan kepribadian yang menjurus lebih individualisme.

Tidak dipungkiri jika kehidupan remaja pada zaman globalisasi ini berbeda dengan zaman dahulu. Saat ini banyak sekali fasilitas yang membuat remaja merasa dimudahkan, sehingga semangat yang dikeluarkan untuk meraih cita-cita menjadi lemah.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Realitanya dengan keberadaan gadget atau smartphone, rupanya juga bisa membawa pengaruh buruk bagi remaja. Interaksi sosial yang seharusnya erat, namun menjadi lemah karena remaja lebih senang bermain dengan gadget atau smartphone miliknya.

Remaja yang lebih asyik hidup di media sosial, bahkan sampai tidak ikut berpartisipasi pada aktivitas di lingkungan tempat tinggalnya. Tentu saja ini sebuah penurunan nilai-nilai moral dan kepribadian akibat dari pengaruh berkembangnya teknologi.

Perkembangan teknologi jangan sampai mengubah nilai moral dan kepribadian remaja

Remaja sebagai generasi penerus harapan bangsa, harus dapat menyikapi perkembangan teknologi dengan baik. Perkembangan teknologi jangan sampai merusak moralitas dan kepribadian remaja, karena dapat memberikan dampak negatif.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dampak negatif dari perubahan teknologi bisa memberikan efek prikologis yang cukup besar, sehingga berpengaruh terhadap moralitas dan kepribadian remaja.

Guna mencegah dampak negatif teknologi agar tidak merusak moral dan kepribadian remaja, maka diperlukan peran orangtua dan masyarakat dalam mengawasi penggunaan teknologi. Fungsi pengawasan harus dijalankan secara maksimal oleh orangtua dan masyarakat.

Orangtua dan masyarakatharus berani memberikan sanksi bagi remaja yang melanggar nilai-nilai moral akibat pengaruh negatif dari teknologi. Dengan memaksimalkan peran orangtua dan masyarakat, maka pengaruh negatif teknologi pada moral dan kepribadian remaja bisa teratasi. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here