Pengertian Bayi Lahir dengan Anencephaly dan Pencegahannya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anencephaly adalah suatu kondisi di mana bayi lahir cacat tanpa tulang tengkorak dan otak bayi tidak terbentuk. Kondisi tersebut bisa berakibat fatal pada bayi, namun dengan pengetahuan orang tua mengenai anencephaly, diharapkan orang tua dapat lebih mempersiapkan diri.

Lebih jelasnya, anencephaly adalah sejenis cacat tabung saraf atau Neural Tuber Deffect (NTD). Selain anencephaly, kondisi cacat lain yang termasuk NTD adalah cacat tulang belakang atau dalam bahasa medis disebut spina bifida. Namun, anencephaly adalah kondisi yang paling serius dibanding dengan jenis NTD yang lain. Bayi yang lahir dengan anencephaly bisa mengalami tuli dan buta.

Sampai saat ini belum ditemukan pengobatan untuk bayi yang lahir dengan kondisi anencephaly sehingga selalu berakhir dengan kematian. Mungkin bisa saja bayi tersebut hidup, namun dalam beberapa jam atau hari, bayi tersebut akan meninggal.

Walaupun penyebab dari anencephaly ini masih diperdebatkan dan masih diteliti hingga saat ini, namun para peneliti Centers for Disease Control and Prevention (CDC) meyakini bahwa ada beberapa faktor penyebab anencephaly yaitu faktor lingkungan, perilaku dan genetik. Selain itu, kondisi anencephaly ini diyakini disebabkan oleh karena kurangnya asam folat pada sebelum hamil dan saat awal kehamilan. Kondisi anencephaly tersebut terjadi saat bulan pertama kehamilan. Jadi, ibu hamil disarankan secara rutin mengontrol kandungannya ke dokter.

Apabila terdeteksi dini, dokter dapat melakukan tindakan penanganan yaitu dengan menghentikan kehamilan, disarankan sang ibu menjalani pengguguran kandungan demi kebaikan ibu dan bayi. Jika janin sudah besar di dalam kandungan, apabila sudah waktunya untuk lahir maka akan menyebabkan robekan pada jalan lahir. Hal itu disebabkan karena tulang rahang bayi yang tajam karena tidak adanya tempurung kepala yang menutupi.

Bagaimana mencegah bayi terlahir dengan kondisi anenchepaly? Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab dari anencephaly adalah kurangnya asupan folat sebelum kehamilan dan saat awal kehamilan, maka dianjurkan ibu untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Asupan asam folat yang dibutuhkan adalah sekitar 30 hingga 100mcg.

Anda bisa mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung asam folat seperti bayam, bit merah, kubis, brokoli, asparagus, seledri, selada, jagung dan kale. Selain sayuran tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah- buahan seperti pisang, jeruk, persik, tomat, alpukat, melon, strawberry, dan pepaya.

Selain asam folat, ada pendapat bahwa anencephaly disebabkan oleh suhu lingkungan yang terlalu tinggi. Hal tersebut dapat mengganggu proses pembelahan sel yang menyebabkan kondisi anencephaly pada bayi. Karena itu, ibu disarankan untuk menghindari paparan temperatur tinggi seperti pada aktifitas berjemur di bawah sinar matahari.

Demikian tadi adalah informasi mengenai anencephaly dan pencegahannya. Semoga bermanfaat untuk Anda. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here