Pengertian dan Efek Samping Diet Keto

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Diet jadi cara yang paling sering ditempuh kaum hawa untuk mencapai bobot tubuh ideal. Jenis dietnya pun beragam. Mulai dari diet mayo, diet paleo, food combining, clean eating hingga Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD). Namun, metode penurunan berat badan yang sedang naik daun di Indonesia adalah diet keto.

Keto kependekan dari ketosis yaitu suatu kondisi metabolisme tubuh saat asupan karbohidrat sangat rendah sehingga tubuh dipaksa menggunakan asam lemak dalam menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Ketosis berbeda dengan ketoacidosis yang merupakan kondisi berbahaya yang bisa dialami oleh pengidap diabetes. Ketoacidosis terjadi ketika level glukosa dan level ketone dalam darah sama sama tinggi. Sementara ketosis tercapai ketika level glukosa rendah atau ideal.

Diet keto adalah diet rendah karbohidrat yang bertujuan membuat tubuh memproduksi energi dari asam lemak dan ketone. Metode diet ketogenic diet adalah mengonsumsi sedikit sekali karbohidrat umumnya kurang dari 20 gram sehari, agar tubuh kita berada dalam keadaan ketosis. Dengan diet keto, selain diminta mengonsumsi karbohidrat secara minimum, kita diharapkan memberi asupan lemak yang cukup tinggi pada tubuh. Tujuannya untuk membantu agar tubuh terdukung lebih cepat untuk kebutuhan anda sehari-hari. Metode diet ketogenik ini dipercaya dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat dan memberikan energi yang lebih. Dalam artian, diet ketogenik  memiliki konsep yang sederhana yaitu dengan menghilangkan satu golongan makanan (karbohidrat). Diet ini dapat tetap membuat orang kenyang walaupun mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih sedikit.

Untuk melakukan diet keto, konsumsi kalori Anda sebaiknya terdiri dari 80% lemak sehat dan 20% dari protein. Konsumsi karbohidrat juga harus anda batasi hingga kurang dari 50 gram per hari. Rasio yang baik untuk diet keto adalah 4:1 yaitu 4 untuk lemak sehat dan protein berbanding 1 untuk karbohidrat. Anda bisa memilih sarapan atau tidak. Program intermittent fasting/fastosis/OCD bisa membantu anda masuk ke kondisi ketosis lebih cepat. Jika berat badan normal atau underweight bisa sarapan sederhana dengan 1-2 telur dengan sedikit daging sapi. Hindari semua jenis beras, gandum, gula, makanan bertepung, dan pati (kentang, singkong, jagung). Buah manis seperti pisang, mangga, nanas hindari dulu. Segala jenis minuman kemasan sebaiknya dihindari karena mangandung gula yang sangat tinggi.

Pada dasarnya diet keto ini baik hanya bagi mereka yang dengan kondisi tubuh yang sehat, dan terpenting pula pada awal kamu melakukan diet keto ini, tubuh tetap perlu beradaptasi dengan efek sampingnya. Adapun efek diet keto bagi tubuh dalam proses penurunan berat badan:

  1. Menurunkan pembentukan lemak dan meningkatkan proses pemecahan lemak oleh tubuh.
  2. Tak hanya efektif untuk menurunkan berat badan, diet keto juga bermanfaat dalam mengontrol gula darah sehingga banyak dipraktekkan penderita diabetes. Dari percobaan-percobaan yang dilakukan, para ahli juga membuktikan, diet rendah karbohidrat lebih efektif daripada diet rendah lemak dalam memperbaiki resistensi insulin.
  3. Menurunkan nafsu makan karena telah dipenuhi oleh efek kenyang dari metabolisme protein. Hal ini mempengaruhi hormon yang berperan dalam mengontrol nafsu makan.
  4. Meningkatkan metabolisme gula dan pemanfaatan protein dalam tubuh. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here