Pengertian dan Gejala Peradangan pada Testis (Orchitis)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa yang di maksud dengan orchitis? Banyak para ahli yang mendefinisikan mengenai istilah orchitis. Berikut ini beberapa pengertian orchitis menurut para ahli, diantaranya yaitu :

  • Orchitis merupakan suatu kondisi terjadinya inflamasi testis (kongestu testikular), yang pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor piogenik, virus, spiroseta, parasit dan traumatis kimia. Terkadang orchitis tidak diketahui faktor penyebabnya. (Smeltzer, 2002)
  • Orchitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada testi dan biasanya bersama epididimitis menjadi epididimoorkitis. Kondisi ini merupakan suatu komplikasi yang serius dari epididimitis. (Price, 2005)
  • Orchitis yaitu suatu kondisi peradangan yang terjadi pada satu atau kedua testis. Biasanya ditandai dengan pembengkakan dan rasa sakit pada testis. Kondisi ini sering disebabkan oleh parotiti, sifilis dan tuberculosis. (Hartanto, 2008)

Dari ketiga pengertian orchitis menurut para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa orchitis merupakan kondisi terjadinya inflamasi atau peradangan pada testi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Selain itu, orchitis dapat di picu oleh beberapa jenis penyakit tertentu seperti epididimitis, sifilis, tuberculosis dan lain sebagainya. Kondisi ini dapat terjadi pada satu testis atau bahkan keduanya.

Gejala apa yang akan muncul dari kondisi tersebut?

  1. Rasa nyeri di daerah skrotum. Hal ini biasanya terjadi pada saat BAK dan pada saat berhubungan atau ejakulasi sperma.
  2. Cairan semen sperma biasanya disertai dengan darah.
  3. Terjadinya pembengkakan pada satu testis atau bahkan dapat terjadi pada kedua testis. Kondisi ini biasanya membuat testis menjadi lebih sensitiv terhadap sentuhan. Rasa nyeri pada testis tersebut dapat berasa sedang ataupun parah.
  4. Pria tersebut akan merasa kelelahan.
  5. Sakit kepala.
  6. Demam dan menggigil.
  7. Selangkangan terasa sakit.
  8. Terjadi pembesaran pada prosta dan limfonodi sekitar selangkangan.
  9. Terkadang pasien mengalami gondongan sebelum terjadinya orchitis.
  10. Penderita mengalami mual dan muntah.
  11. Erythematous kulit skrotum dan biasanya terasa lebih hangat.
  12. Pembengkakan KGB inguinal.
  13. Terjadi pembesaran epididimis yang berkaitan dengan epididimo-orchitis.

Menurut pendapat lain yang dinyatakan oleh Price, 2005 menyatakan bahwa orchitis memiliki tanda dan gejala dalam tahap ringan berupa ketidaknyamanan pada testikular dan pembengkakan hingga rasa sakit pada testicular dalam kondisi parah. Pembengkakan terbentuk sekitar 4 hingga 6 hari yang disertai dengan rasa demam, tinggi, mual dan muntah. (KMY)

1 KOMENTAR

  1. sekitar seminngu an.pembenkaan disekitar buah tetis(jakar)sebelah kiri jika raba kaya ada benjelan dan nyeri ditambah sakit pingang sebelah kiri ada hubungan dengan sakit pinggang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here