Pengertian dan Jenis Komedo

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Coba lihat dan raba bagian hidung Anda. Apakah ada titik-titik hitamnya, jika ada itu berarti di permukaan wajah anda terdapat komedo. Komedo adalah masalah yang dialami hampir semua orang di dunia ini. Wajah Anda mungkin tidak berjerawat atau tidak kering, tapi timbunan komedo akibat bakteri maupun debu dan minyak secara umum pasti muncul di setiap orang.

Komedo biasanya muncul di area-area yang cenderung berminyak. Namun, tidak tertutup kemungkinan komedo nampak di sejumlah area lainnya yang kotor atau rentan terpapar bakteri serta kuman.

Komedo merupakan manifestasi dari timbulnya jerawat pada wajah, di mana jenis komedo ada dua, yaitu komedo putih dan komedo hitam.

  1. Komedo Putih (whiteheads). Komedo putih disebut jugakomedo tertutup karena gumpalan sebum yang tampak seperti nodul putih terletak dalam lobulus sebaceous di bawah epitel kulit. Ciri-ciri jenis komedo putih ini adalah gumpalan terasa padat jika disentuh, timbul pada wajah dalam bentuk tunggal atau berkelompok. Komedo putih tampak pada wajah, khusunya di hidung, tulang pipi dan kelopak mata. Karena keberadaannya terletak di bawah epitel kulit, maka komedo putih sulit untuk dikeluarkan. Jangan mencoba-coba untuk menghilangkan jenis komedo ini jika Anda melakukannya sendiri, karena jika terjadi peradangan tentu itu akan memperumit situasi.
  2. Komedo Hitam (Blackheads). Komedo hitam dikenal juga sebagai jenis komedo terbuka karena gumpalan sebum yang telah bercampur dengan sel-sel kulit mati, garam dari keringat, debu, kotoran, atau bakteri, tampak berwarna hitam dan tidak ada lagi epitel kulit yang menutupinya. Warna hitam pada jenis komedo ini akibat dari oksidasi yaitu adanya aksi antara oksigen dengan pigmen pada kulit yang disebut melanin. Hal inilah yang membuat perbedaan antara komedo hitam dengan komedo putih, komedo putih akan tetap berwarna putih karena tidak terkena oksidasi. Area pada wajah dimana bintik-bintik komedo hitam ini sering ditemukan adalah di hidung, dagu, dan dahi. Karena jenis komedo hitam ini tidak lagi tertutupi epitel kulit, maka ia mudah sekali untuk dikeluarkan. Komedo hitam yang mengalami inflamasi akhirnya akan menimbulkan jerawat, oleh sebab itu Anda harus berhati-hati pula jika ingin menyingkirkan jenis komedo ini.

Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY