Pengertian dan Lima Manfaat Vasektomi Bagi Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Padatnya penduduk yang semakin bertambah membuat pemerintah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengikuti program KB (Keluarga Berencana). Ada berbagai pilihan dalam mendukung program KB, salah satunya melakukan vasektomi bagi pria.

Pengertian vasektomi

Vasektomi adalah salah satu bentuk kontrasepsi bagi pria yang tujuannya menekan angka kelahiran. Vasektomi pada pria dilakukan melalui operasi kecil guna mengikat saluran sperma, sehingga benih tak masuk ke dalam air mani. Alhasil pria yang menjalani vasektomi tidak dapat membuahi wanita.

Bagaimana vasektomi bisa mempengaruhi proses ejakulasi?

Pria ketika ejakulasi akan mengeluarkan setidaknya 5 cc air mani, yang terdiri dari cairan seminal serta getah yang diciptakan kelenjar prostat. Namun demikian hanya ada sekitar 5 persen (0.15 cc) cairan yang mengandung sel sperma, dari tahapan ejakulasi tersebut. Alhasil pria yang menjalani vasektomi, ketika ejakulasi hanya akan mengeluarkan cairan dari kelenjar kelamin seperti prostat tersebut.

Lima Manfaat vasektomi bagi pria

Melakukan vasektomi membutuhkan keyakinan yang kuat. Hal tersebut dikarenakan perbedaan pandangan di masyarakat, terkait efek samping dari vasektomi bagi pria. Jika diamati, sebenarnya terdapat beberapa manfaat bagi pria yang ingin melakukan vasektomi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini lima manfaat vasektomi bagi pria.

  1. Dapat mengontrol kelahiran

Tidak perlu takut, karena vasektomi hanyalah operasi kecil yang prosesnya cepat. Alhasil waktu penyembuhan pasca operasi juga cepat. Seseorang yang sudah memiliki cukup anak, mungkin bisa mempertimbangkan vasektomi karena dapat mengontrol kelahiran.

  1. Pengobatan operasi vasektomi tidaklah sulit

Dalam menjalani operasi vasektomi, tidaklah mengeluarkan banyak biaya. Hal itu dikarenakan vasektomi hanya merupakan jenis operasi minor, alhasil biaya pengobatan setelah operasi juga tidaklah rumit. Pasien hanya menaati anjuran dokter dalam beberapa waktu dan tak ada pantangan khusus setelah operasi.

  1. Operasi vasektomi aman dilakukan

Operasi vasektomi tidak menyebabkan komplikasi sterilisasi tubulus, sehingga dianggap aman. Dalam berbagai laporan tidak ditemukan keluhan serius pasca operasi. Vasektomi bisa dianggap sebagai salah satu operasi dengan tingkat keberhasilan tinggi, sehingga faktor kegagalan cukup kecil.

  1. Dengan vasektomi peluang memiliki anak 0 persen

Vasektomi sangat efektif bagi pria yang memang sudah tidak ingin memiliki anak lagi. Jarang ditemukan pria yang saluran spermanya telah diikat, dapat memiliki anak. Jika hal itu terjadi, mungkin saja proses operasinya mengalami kegagalan dan dapat diulang lagi.

  1. Vasektomi tidak mempengaruhi kualitas hubungan seks

Operasi vasektomi tidak mempengaruhi kualitas hubungan seks suami dengan istri. Meski telah melakukan vasektomi, libido seorang pria tetap normal dan tidak menurun. Selain itu proses ejakulasi juga tidak mengalami perubahan, sekaligus tetap akan mengeluarkan air mani. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here