Pengertian dan Penanganan Sakit Kepala saat Berhubungan Intim

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melakukan hubungan intim bersama pasangan adalah hal yang biasa dilakukan dan merupakan kebutuhan bagi setiap pasangan. Namun, apa yang terjadi jika dengan berhubungan intim seseorang akan merasakan sakit kepala yang sangat hebat? Sakit kepala hebat ini disebut dengan Coital Cephalgia.

Coital Cephalgia merupakan keadaan dimana seseorang mengalami sakit kepala yang sangat hebat yang terjadi di dasar tengkorak. Sakit kepala hebat ini akan muncul menjelang orgasme termasuk ketika mastrubasi.

Penderita yang mengalami Coital Cephalgia akan merasakan rasa sakit kepala berkaitan dengan aitivitas seksual yang dilakukannya. Serangan rasa sakit kepala ini biasanya muncul dari dasar tengkorak. Kemudian menjalar ke bagian depan. Sering kali rasa sakit ini timbul secara tiba-tiba. Atau bisa juga secara perlahan-lahan, kemudian memburuk selama aktivitas seksual atau masturbasi. Rasa sakit muncul hampir berbarengan dengan orgasme

Coital Cephalgia dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Early coital cephalgia

Early coital cephalgia adalah keadaan dimana rasa sakit yang timbul memiliki tingkat sakit mulai dari sedang sampai berat. Pemicunya adalah kontraksi otot disekitar area kepala.

  • Orgasmic coital cephalgia

Orgasmic coital cephalgia adalah jenis kedua, terjadi lebih lama disbanding jenis pertama. Penderita akan merasakan sakit yang terjadi di daerah oksipital, belakang mata, atau dalam bentuk yang lebih umum dan terjadi pada titik orgasme. Serangan yang dialami penderita akan berlangsung sekitar 15 sampai 20 menit. Pada umumnya yang menjadi pemicu ialah tekanan darah. Coital Cephalgia jenis ini merupakan yang paling banyak dikeluhkan. Jika sakit yang muncul tidak juga hilang saat tekanan darah sudah normal, itu menunjukan adanya gejala dari penyakit lain seperti migraine.

  • Late coital cephalgia

Late coital cephalgia adalah jenis Coital Cephalgia yang terakhir. Bisa menyerah baik pria atau wanita dengan intensitas cukup lama. Serangan ini biasanya timbul setelah penderitanya melkukan hubungan intim. Rasa sakit yang timbul akan diikuti oleh tubuh yang menjadi lemah, penglihatan kabur, dan kesemutan.

Ada beberapa pemicu yang menjadi factor serangan sakit kepala ini.  Diantara lain ialah tumor, pendarahan otak, berat badan berlebih stroke, hipertensi memiliki riwayat migren dan masih banyak lagi.

Penanganan yang tepat dilakukan ada beberapa cara, yaitu:

  • Menghentikan aktivitas seksual selama beberapa minggu
  • Mengambil posisi pasif saat hubungan seks
  • Menghindari konsumsi obat yang dapat memicu sakit kepala
  • Dan yang terpenting adalah berkonsultasi dengan tenaga medis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY