Pengertian dan Penyebab Sepsis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sepsis adalah kondisi yang memiliki potensi mematikan dimana seseorang mengalami peradangan di seluruh tubuh sebagai hasil infeksi bakteri di dalam darah, urin, paru-paru, dan jaringan lainnya. Kondisi ini sebagai respon dari sistem kekebalan tubuh kepada bakteri dan biasa disebut “sindrom respon peradangan sistemik“ (Systemic Inflammatory Response Syndrom; SIRS).

Sepsis merupakan kondisi yang mengancam jiwa. Komplikasi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh bekerja secara berlebihan dan memicu terjadinya reaksi negatif di seluruh tubuh. Misalnya, inflamasi dan penggumpalan darah. Kondisi ini dapat mengurangi dan bahkan menghentikan suplai darah ke organ-organ vital seperti jantung dan ginjal, sehingga mengakibatkan kerusakan permanen.

Kelompok orang yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami sepsis adalah anak-anak, manula, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Terdapat macam-macam Sepsis antara lain: MRSA sepsis yaitu sepsis yang disebabkan oleh Methicilin resisten bakteri Stapphylocoocus auerus, ini adalah jenis sepsis yang menyerang darah dan jaringan tubuh lain. Selanjutnya adalah VRE sepsis, yaitu sepsis disebabkan Vancomycin, resisten bakteri Enterococcus species, yang menyerang darah dan jaringan tubuh lain. Kemudian, Urosepsis, yaitu sepsis yang disebabkan adanya infeksi saluran kencing.

Wound sepsis, yaitu sepsis yang disebabkan oleh infeksi luka. Neonatal sepsis atau Neonatorum sepsis atau Septicemia, yaitu sepsis pada bayi yang baru lahir, terutama 4 minggu pertama sejak dilahirkan. Dan, yang terakhir adalah Septic abortion, yaitu keguguran yang disebabkan oleh adanya infeksi dengan terjadinya sepsis pada seorang Ibu yang mengalami keguguran.

Penyebab keracunan darah pada intinya adalah infeksi atau karena apapun, termasuk infeksi karena luka. Dalam kasus normal, sistem kekebalan tubuh mampu melokalisir infeksi hanya pada satu titik atau tempat tertentu dan inilah yang disebut sebagai “infeksi lokal”. Tubuh kemudian memproduksi sel darah putih dan menghancurkan infeksi lokal tersebut serta memperbaiki jaringan yang bengkak. Ini membantu mencegah penyebaran infeksi dan sekaligus mematikan infeksi tersebut.

Penyebab utama dari Sepsis adalah adanya infeksi oleh bakteri atau jamur. Infeksi oleh bakteri atau jamur dapat berada dibeberapa bagian seperti aliran darah, tulang,ginjal, otak, hati, dan kandung empedu. Namun, selain itu ada beberapa  penyebab potensial keracunan darah, diantaranya adalah:

  • Infeksi paru-paru (pneumonia)
  • Radang usus buntu (apendisitis)
  • Flu atau influenza
  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi kulit akibat luka atau penggunaan infus ataupun kateter
  • Infeksi pasca bedaha
  • Infeksi sistem syaraf seperti meningitis atau ensefalitis

Secara umum, Sepsis pada penderita dengan umur lanjut mempunyai Prognosa (ramalan penyakit) yang lebih buruk daripada umur dewasa. Prognosa Sepsis tergantung dari keganasan Sepsis dan status kesehatan dari penderita.

Penyakit ini meskipun adalah penyakit infeksi darah namun bisa juga ditularkan kepada orang lain, penderita Sepsis dapat menularkan kepada orang lain sehingga orang-orang disekitarnya harus diperhatikan dengan tindakan mencuci tangan, memakai sarung tangan yang steril, pemakaian masker dan pakaian penutup badan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY