Pengertian dan Perbedaan Antara Orgasme dan Ejakulasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kenikmatan seksual merupakan bagian dari hubungan intim. Pada saat berhubungan intim ada dua istilah yang tak bisa dipisahkan, yakni orgasme dan ejakulasi. Ejakulasi dan orgasme memang berkaitan, karena pada umumnya orgasme selalu diikuti ejakulasi. Lantas apa bedanya orgasme dengan ejakulasi?

Perbedaan ejakulasi dini dan orgasme

Orgasme adalah hasil kontraksi ritmik halus pada otot di bagian pelvis dan pada daerah lainnya. Setelah itu terjadi pelepasan tegangan seksual dari akumulasi yang dirasakan. Secara mental situasi ini dirasakan sebagai sebuah kenikmatan yang luar biasa.

Sementara itu ejakulasi merupakan pelepasan semen (pada pria) yang dapat terjadi tanpa didahului oleh orgasme. Ejakulasi adalah proses fisik yang berupa pelepasan cairan semen dari alat kelamin pria.

Di lain pihak ejakulasi dini adalah situasi seorang pria mengalami ejakulasi yang terlalu cepat ketika berhubungan intim. Faktor yang menyebabkan ejakulasi dini beragam, bisa dipengaruhi oleh faktor psikologis atau biologis.

Namun ejakulasi tak hanya dialami pria, terkadang wanita juga dapat mengalami hal tersebut. Pada perempuan ejakulasi bisa ditandai dengan pelepasan sejumlah besar cairan ketika berhubungan seks atau ketika mendekati orgasme. Meski demikian dalam suatu kasus seorang juga bisa mealami ejakulasi sebelum tanpa merasakan orgasme.

Fakta menarik tentang ejakulasi dan orgasme

Pada penjelasan di atas telah disinggung bahwa orgasme bisa diartikan sebagai sebuah klimaks yang diperoleh dari kepuasan seksual, sedangkan ejakulasi adalah hasil dari orgasme. Tidak dipungkiri jika kesehatan seksual adalah suatu aspek yang berhubungan dengan organ kelamin serta perilaku seksual.

Pada umumnya hubungan seksual pasangan suami istri hanya dianggap sebagai pemenuhan hasrat biologis. Padahal apabila diresapi lebih dalam, terdapat banyak manfaat seksual secara medis yang bisa dipetik. Alhasil suami istri perlu melakukan aktivitas seksual secara teratur dan aman agar memberikan kesan positif.

Satu di antara fakta menarik tentang ejakulasi adalah bahwas hal tersebut juga bisa terjadi pada wanita. Wanita bisa mengalami ejakulasi, namun tidak berupa melepasnya semen seperti pada pria. Pada wanita ejakulasi ditandai berupa melepasnya cairan dalam jumlah banyak (squirt) saat akan mengalami orgasme. Berikut ini beberapa hal yang menarik soal orgasme dan ejakulasi yang perlu diketahui.

  1. Pria bisa mengalami orgasme tanpa diikuti ejakulasi. Pasalnya kedua hal tersebut merupakan sistem yang tak sama sehingga dapat berlangsung secara terpisah.
  2. Pria bisa mengalami ereksi tanpa orgasme. Pasalnya orgasme tak mesti menjadi prasyarat pria mengalami ereksi. Ereksi tanpa orgasme juga bisa berlangsung, begitupun sebaliknya.
  3. Orgasme yang terjadi tanpa ereksi bisa berlangsung ketika pria mengalami mimpi basah. (APt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY