Pengertian Gizi Buruk dan Jenis-jenisnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gizi buruk adalah salah satu masalah malnutrisi yang kebanyakan menyerang usia anak-anak. Bahkan World Health Organization memperkirakan sebanyak 54% bayi dan balita meninggal akibat mengalami gizi buruk. Meski presentase terbanyak dialami anak-anak, remaja atau dewasa juga memiliki kemungkinan mengalami gizi buruk.

Gizi buruk sering dikaitkan dengan kesalahan dalam pemberian nutrisi, kesalahan yang dimaksud yaitu bisa karena kekurangan nutrisi atau juga bisa karena kelebihan nutrisi. Tapi pada umumnya gizi buruk terjadi karena penderitanya kekurangan nutrisi.

Kurangnya nutrisi pada penderita gizi buruk umumnya mereka mengalami gizi buruk karena tubuh kurang asupan nutrisi berupa energi dan protein sehingga tubuh akan kesulitan dalam menjalankan proses pembentukan sel-sel baru.

Perlu anda ketahui bahwa ternyata gizi buruk juga memiliki jenis tergantung masalah gizi yang dialami penderitannya. Berikut jenis-jenis dari gizi buruk yang pada umumnya dialami oleh penderita gizi buruk:

  1. Gizi buruk Kwashiorkor

Anda pasti sering mendengar tentang busung lapar, dalam dunia medis busung lapar lebih dikenal dengan kwashiorkor yang juga termasuk jenis dari gizi buruk. Orang yang terkena gizi buruk jenis kwashiorkor akan mengalami bengkak seluruh tubuh apabila ditekan akan meninggalkan bekas seperti lubang. Selain itu, tanda lain dari kwashiorkor adalah penderita memiliki wajah yang terlihat bulat dan sembab, ruam merah muda yang meluas dan berubah warna menjadi coklat kehitaman yang lama kelamaan bisa mengelupas, nafsu makan menghilang serta rambut berwarna merah dan menipis.

  1. Marasmus

Marasmus merupakan jenis gizi buruk yang biasanya dialami oleh anak yang berusia 0 sampai 2 tahun. Anak yang menderita marasmus biasanya akan mengalami penurunan berat badan kurang dari 60 persen berat badan yang sesuai dengan usianya, suhu tubuh yang rendah, serta mengalami dare kronik. Kulit tubuh anak bisa terlihat seperti hanya tulang yang terbungkus kulit saja jika terkena gizi buruk jenis marasmus.

  1. Marasmik-kwashiorkor

Jenis gizi buruk yang cukup berbahaya yaitu marasmik kwashiorkor atau kombinasi dari marasmus dan kwashiorkor. Anak yang terkena jenis gizi buruk ini akan mengalami penurunan berat badan yang kurang dari 60 persen berat badan sesuai usianya, dan disertai pembengkakan pada tubuh yang tidak begitu terlihat. Karena lebih berbahaya dari jenis gizi buruk lainnya, marasmik-kwashiorkor dapat menyebabkan rabun senja, anak lebih rentan terkena penyakit infeksi dan juga mengalami penurunan tigkat kecerdasan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here