Pengertian Kacamata Anti Radiasi Beserta Fungsinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kacamata anti radiasi yaitu kacamata yang memiliki lensa anti radiasi atau anti cahaya ultraviolet. Apakah anda tahu lensa anti radiasi itu sendiri? Lensa anti radiasi adalah sebuah lensa yang memiliki bahan dasar penyusun logam yang dapat menghalangi radiasi dari sisi-sisi lensa. Kemampuan lensa menghalangi radiasi berkisar antara 60% hingga 100% tergantung dari bahan logam pelapisnya, yang mampu menahan atau menangkis adanya gelombang elektromagnetik.

Selain ada lapisan logam di lensa anti radiasi juga ada lapisan anti silau, lapisan keras dan tahan air yang berfungsi mencegah adanya listrik statis dan anti-fouling dalam waktu bersamaan. Lensa anti radiasi yang memiliki beberapa lapisan ini akan tetap dalam keadaan bersih dalam waktu yang lama.

Fungsi dari kaca mata anti radiasi adalah menghambat pancaran gelombang elektrommagnetik. Ketika berhadapan langsung dengan layar elektronik, layar tersebut akan memancarkan gelombang elektromagnetik yang biasa disebut dengan radiasi layar yang mengandung sinar ultraviolet. Tidak Sedikit gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dan akan membahayakan badan manusia terhadap batas tertentu, terutama pada mata. Gelombang elektromagnetik tidak hanya akan membahayakan mata dengan cara cepat, namun akan menyebabkan kelelahan mata dan bersama dampak lanjutannya ialah menyebabkan berkurangnya kebolehan menyaksikan mata anda.

Maka dari itu, lensa anti radiasi dalam hal ini bertindak sebagai lapisan tambahan yang bisa menjadi penghalang pancaran gelombang elektromagnetik. Dengan penggunaan kacamata anti radiasi saat kita melakukan aktifitas di depan layar, dapat mencegah pancaran sinar uv langsung ke mata dan tidak membuat mata mudah lelah. Selain itu, fungsi kacamata anti radiasi juga menghambat terjadinya rabun pada mata.

Kacamata anti radiasi memiliki beberapa macam warna. Ada lensa anti radiasi jenis photogrey, yang berwarna bening ketika di dalam ruangan namun akan berubah warna menjadi gelap (hitam atau abu-abu) ketika berada di luar ruangan. Ada pula lensa yang berwarna biru, ungu, kuning, hijau, dan beberapa warna lainnya. Untuk membedakan antara lensa anti radiasi bersama lensa biasa atau lensa normal cukup susah dilakukan. Dikarenakan kacamata ini mempunyai lensa yang hampir sama dengan lensa pada umumnya, untuk mengetahui adanya anti radiasi pada kacamata anda datang segera ke optik terdekat dari rumah.

Kacamata ini mengandung senyawa logam listrik yang sanggup mengantisipasi masuknya radiasi ke mata. Dan bersamaan berkembangnya style kacamata, kini style dan ragam bentuk kacamata berlapis anti radiasi ini makin menarik, lensanya pun tidak hanya bening saja, namun ada juga lensa berwarna yang modern.

Meskipun anda menggunakan kacamata anti radiasi. Namun, yang sangat penting mata harus diistirahatkan secara berkala. Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali, selama 20 detik untuk melihat objek jauh pada jarak kurang lebih 6 meter. Ini akan sangat menolong mempertahankan kesehatan mata anda. (KKM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here