Pengertian Kelainan Lidah Pendek yang Jadi Masalah Dalam Menyusui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tongue tie (ankyloglossia) atau lidah pendek merupakan kondisi dimana bagian bawah dari lidah terhambat pada bagian bawah mulut oleh suatu membran yang menyebabkan lidah tidak bisa bergerak bebas. Keadaan pada toungue tie menggambarkan adanya gangguan frenulum, yaitu jaringan ikat yang menghubungkan dasar lidah dengan ujung lidah bagian bawah (tali lidah).

Lidah pendek dapat menyebabkan berbagai masalah perkembangan oral anak, seperti makan, berbicara, menelan, menganggu proses menyusui dan masalah lainnya. Tounge tie disebabkan oleh faktor genetik karena kasus ini sering ditemui pada keluarga tertentu yang memang memiliki riwayat atau keturunan dengan lidah pendek.

Pada dasarnya, ada empat tipe tounge tie berdasarkan jarak ujung lidah ke tepi tali lidah, yaitu :

  • Tipe 1, tali lidah dimulai dari ujung lidah. Ketika lidah menjulur akan tertarik dan membentuk heart shape ( bentuk hati).
  • Tipe 2, tali lidah berjarak 2 – 4 mm dibelakang ujung lidah
  • Tipe 3, tali lidah pada pertengahan lidah dan berada di tengah-tengah dasar mulut, umumnya kurang elastis dan lebih tebal.
  • Tipe 4, tali lidah pada bagian dasar lidah ( bagian belakang), licin, sangat tidak elastis dan lebih tebal.

Tipe tounge tie yang sering terjadi adalah tipe 1 dan tipe 2 dimana memiliki kemungkinan mencapai 75% dari kejadian, oleh karena itu tipe 1 dan tipe 2 dianggap sebagai tounge tie klasik. Sedangkan tipe 3 dan tipe 4 lebih sulit dikenali sehingga kasus pada tipe ini sering tidak dilakukan tindakan.

Jika anak anda mengalami toungue tie biasanya anak akan mengalami kesulitan dalam proses menyusui. Hal tersebut terjadi karena bayi akan mengalami kesulitan menyusu langsung ke payudara ibu. Terjadi kesalahan pelekatan antara mulut bayi dan payudara ibu.

Bayi dengan toungue tie ketika menyusui akan menjadi rewel karena tidak dapat menyusu secara maksimal dan masih merasa lapar. Payudara ibu juga lecet dan luka.

Dengan tounge tie dapat berdampak pada masalah gizi bayi. Bayi akan kekurangan sumber zat gizi dan menjadi malnutrisi, berat badan bayi juga akan menurun.

Jika bayi memunculkan tanda-tanda adanya toungue tie sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter. Sehingga dokter akan menentukan apakah bayi anda butuh tindakan pembedahan atau hanya perlu diberikan edukasi tentang posisi dan pelekatan yang baik ketika menyusui bayi anda. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY