Pengertian Metode Baby Led Weaning dan Cara Penerapannya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bunda apabila bayi memiliki ciri-ciri dapat menegakan kepalanya, mulut membuka lebar bila di berikan sendok, sudah mampu duduk di high chair, mulai tertari dengan makanan yang dikonsumsi kita, mengalami perubahan pola makan dan pola tidur berarti bayi sudah siap untuk di berikan makanan pendamping ASI (MPASI). Dalam istilah memberikan MPASI ada yang disebut dengan baby led weaning. Apakah sebelumnya bunda sudah mengetahui apa yang di maksud dengan baby led weaning dan bagaimana cara penerapannya pada bayi?

Apa yang bunda tau mengenai baby led weaning?

Istilah baby led weaning mungkin sudah banyak yang mengerti oleh ibu-ibu kelas menengah ke atas dan istilah ini sudah mungkin sudah tidak asing bagi ibu-ibu yang tinggal diperkotaan. Bagi bunda yang belum mengetahui istilah ini tidak perlu merasa khawatir disini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai baby led weaning.

Dill Rapley yaitu seseorang yang telah memperkenalkan istilah baby led weaning yang ditulis dalam bukunya. Baby led weaning merupakan suatu metode atau upaya untuk mengenalkan bayi untuk memakan makanan padat dengan menekankan bayi untuk menguyah makanannya sendiri. Metode ini tidak dianjurkan menggunakan cara tradisional dengan menyuapi si kecil. Menurut pendapat para ahli menyatakan bahwa metode ini suatu metode yang baik untuk diterapkan pada si kecil. Metode ini memberikan bayi kontrol dari proses malan dan akan melibatkan panca indra dan mampu meningkatkan pengalaman mereka.

Jenis makanan yang cocok untuk metode ini yaitu finger food, yakni jenis makanan apapun yang bisa di pengang atau di comot oleh tangan mungil si kecil. Resiko dari metode ini mungkin bunda akan repot karena area sekitar si kecil makan akan menjadi kotor dan berantakan. Selain itu mungkin si kecil akan terlihat kotor dan bajupun akan terkena noda. Tetapi bunda tidak perlu khawatir karena dengan berjalannya waktu si kecil akan mengerti bagaimana cara makan yang tertata. Solusi lain bunda bisa menaruh serbet sebagai alas sehingga tidak begitu berantakan dan bayi tidak terlihat kotor. Metode ini akan membuat si kecil lebih bersemangat untuk makan karena si kecil dapat memilih makanan yang tersedia diatas papan makannya. Selain itu metode ini dapat membantu tumbuh kembang si kecil dan mengasah kemampuan si kecil.

Bagaimana cara penerapan baby led weaning?

  1. Makan bersama

Penerapan baby led weaning yang pertama yaitu dengan cara makan bersama keluarga. Selain menjalin kedekatan setiap individu, makan bersama merupakan cara orangtua dalam upaya MPASI untuk mengasah kemampuan si kecil karena pada saat orangtua makan secara tidak langsung tindakan bunda memberikan contoh bagaimana cara makan dan di jamin si kecil secara perlahan akan menirunya.

  1. Pilih makanan

Bunda harus memilih jenis makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayuran. Sebaiknya bunda memotong makanan tersebut dalam ukuran kecil dan jangan terlalu besar untuk menghindari si kecil dari bahaya tersedak sebelum si kecil sempat menguyah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here