Pengertian, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Miom

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Miom adalah tumor jinak yang berasal dari otot rahim. Kita bisa juga menyebut miom dengan daging yang tumbuh di rahim. Ukuran dari daging tumbuh ini bisa beragam, ada yang sebesar kacang maupun buah anggur. Tempat tumbuh miom ini sebagian besar adalah pada dinding rahim, namun ada juga yang berada di leher rahim walaupun tidak sebanyak di dinding. Di manapun miom tumbuh, mereka bisa mengganggu sistem reproduksi wanita.

Anda perlu waspada dan berhati- hati dengan penyakit miom ini. Ada baiknya Anda mengetahui gejala- gejala awal dari miom atau daging tumbuh. Ada beberapa gejala yaitu nyeri di perut bagian bawah, nyeri saat berhubungan seksual, frekuensi buang air kecil yang tinggi, perut terasa penuh dan gangguan saat haid, pendarahan yang terkadang sangat banyak juga haid yang dialami terus- menerus.

Selanjutnya, mengenai penyebab dari penyakit ini ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa pertumbuhan miom ini disebabkan rangsangan hormon estrogen.  Selain itu stress, daya tahan tubuh yang rendah dan gaya hidup yang tidak seimbang juga diyakini menjadi beberapa penyebab miom. Miom atau yang dikenal dengan mioma uteri tersebut terjadi 20-25 % pada wanita di masa suburnya atau usia reproduksi. Wanita berkulit hitam sering menyentuh angka 50% dari jumlah seluruh penderitanya. Namun hal ini belum diketahui dengan jelas apa penyebabnya.

Ada beberapa solusi untuk mengobati dan mengatasi penyakit miom ini, di antaranya adalah operasi laparoskopi miomektomi. Namun, harganya terbilang mahal. Selain mahal, juga risiko yang harus dijalani sangatlah berat karena ada yang harus dilakukan pengangkatan rahim. Tentu saja bagi seorang wanita ini adalah hal yang berat, apalagi jika seorang wanita tersebut belum dikaruniai anak.

Operasi ini bukan satu- satunya cara untuk mengobati penyakit miom. Ada  cara lain untuk mengatasi penyakit tersebut. Pengobatan herbal adalah salah satu cara untuk mengobati miom. Pengobatan itu dilakukan dengan cara pemberian nutrisi untuk memperkuat fungsi organ sehingga penyakit miom tidak bertambah parah. Berikutnya adalah dengan menurunkan hormon estrogen yang berlebihan di dalam tubuh. Herbal di sini juga diperlukan sebagai detox untuk membersihkan racun dalam tubuh serta menghilangkan miom sampai ke akar.

Walaupun miom dapat dihilangkan dengan operasi maupun herbal, namun yang terbaik adalah mencegahnya. Karena salah satu penyebab dari miom adalah faktor stress, maka hindarilah terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu, bekerja secukupnya dan sempatkan untuk refreshing agar pikiran dan tubuh menjadi rileks dan tidak rentan terhadap stress.

Makan-makanan yang sehat seperti buah dan sayur juga penting, selain itu kurangi makanan yang mengandung kalori tinggi serta makanan yang tidak sehat lainnya. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here