Pengertian Yoga Dan Seksualitas

SehatFresh.com – Tahukah Anda kalau yoga dapat membantu meningkatkan performa seksual? Rutin berlatih yoga bukan hanya membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, tapi juga membantu organ-organ tubuh bekerja tetap optimal. Terkait seks, latihan yoga akan menguatkan organ yang berhubungan dengan seks dan reproduksi. Secara psikis, yoga memberikan ketenangan, rasa rileks, dan mood yang baik sehingga aktivitas bercinta akan terasa lebih menyenangkan.

Menurut filosofi yoga, seks sangat diperlukan dalam hubungan kasih sayang antar manusia. Secara khusus, bentuk yoga disebut kundalini yoga, membahas tentang seks dan postur (asana) untuk memanfaatkan kekuatan seksual. Berbagai postur dan teknik pernapasan dalam yoga dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seksual seseorang. Yoga dapat mengurangi stres dan membuat tubuh lebih rileks sehingga menyiapkan tubuh dan pikiran untuk hubungan  seksual yang sehat.

Melalui kundalini, pusat saraf dan cakra tubuh dapat terbuka. Cakra adalah pusat energi yang mengitari tubuh. Tiga cakra paling berpengaruh pada aktivitas seks adalah root chakra (pada daerah perineum, area antara tulang vagina dan anus), sacral chakra (bagian tengah perut bagian bawah), dan heart chakra (bagian tengah dada). Gerakan-gerakan yoga membuat darah mengalir lebih lancar menuju area-area cakra tersebut. Cakra seks yang sehat dan aktif akan memberi pengaruh positif pada kehidupan seksual, dengan membuat aktivitas seksual terasa lebih “hidup”

Latihan pernapasan dalam yoga juga membuat fungsi oksigen menjadi lebih maksimal. Sirkulasi oksigen yang lancar menjaga organ tubuh agar tetap hidup. Tidak hanya membuat sehat, ternyata juga bisa membantu mencapai orgasme. Pasalnya, gerakan yoga membuat tubuh lebih sensitif terhadap rangsangan seksual, sehingga membuatnya semakin bergairah untuk berhubungan seks.

Hal lain yang membuat yoga bisa meningkatkan gairah seks adalah yoga mampu meningkatkan kesadaran atas apa yang sedang dilakukan sehingga lebih bisa dinikmati. Meningkatnya kepercayaan dan pemahaman diri sendiri adalah hasil alami yang diperoleh dari latihan yoga. Dalam yoga, Anda belajar merasakan sensasi dan emosi yang muncul dalam berbagai postur dan tidak menghindarinya. Kesadaran untuk menerima keadaan diri inilah yang dapat meningkatkan keterampilan dalam membina hubungan yang jujur dengan pasangan, sehingga kehidupan seks pun ikut membaik.

Dengan berlatih yoga, fisik menjadi optimal, sistem saraf menjadi lebih baik sehingga akan lebih banyak sensasi menyenangkan yang dirasakan dalam tubuh. Yoga membuat Anda bisa menerapkan perasaan yang kuat dalam setiap aspek kehidupan. Fisik yang rileks dan pikiran yang tenang akan membuat Anda bisa lebih memaknai dan menikmati saat-saat intim bersama pasangan.

Sumber gambar : selaras-wellness.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY