Pengganti Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penderita diabetes harus mengatur asupan kadar gula dan jenis gula yang digunakan. Gula pasir yang biasa digunakan sehari hari terbukti dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga patut untuk dihindari oleh penderita diabetes. Namun, penderita diabetes bukan berarti harus menghindari sesuatu yang manis dan jenis gula atau pemanis yang digunakan harus dengan komposisi bahan yang lebih sehat.

Ada berbagai jenis pemanis buatan sebagai pengganti gula bagi penderita diabetes. Sehingga anda tetap dapat menikmati makanan manis dengan mengganti gula pasir dengan pemanis yang rendah kalori. Apa saja pemanis yang digunakan untuk menggantikan gula pasir bagi penderita diabetes?

  1. Xylitol

Xylitol tergolong gula alkohol, namun tidak memiliki kandungan alkohol melainkan rantai kimianya mengnadung tambahan rantai alkohol “-OH”, derajat manis xylitol mirip dengan gula pasir. Kandungan kalori yang dimiliki sebanyak 40% dari kalori gula pasir.

Xylitol aman bagi penderita diabetes karena tidak mengandung fruktosa sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah, selain itu manfaat lainnya adalah menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

  1. Erithritol

Erithritol juga tergolong gula alkohol, hanya saja kandungan kalorinya jauh lebih rendah yakni hanya 6% dari kalori gula pasir. Sehingga, pemanis ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti gula pasir untuk penderita diabets karena tergolong aman dan sangat jarang menimbulkan efek samping.

  1. Sakarin

Sakarin biasa digunakan sebagai pemanis makanan kemasan atau siap saji. Pemanis buatan ini 300-500 kali lebih manis dari gula biasa. Namun akhir-akhir ini telah terdapat penelitian yang menunjukan efek samping sakarin yaitu membuat kelebihan berat badan.

  1. Stevia

Stevia merupakan pemanis alami yang tidak memiliki kalori. Stevia berasal dari ekstrak daun stevia yang juga bisa digunakan sebagai pemanis pada masakan maupun membuat kue dan juga minuman. Pemanis inni merupakan pendatang baru dalam kelompok pengganti gula untuk penderita diabetes.

Stevia menjadi pemanis satu-satunya yang dapatt secara langsung menurunkan kadar guka dan tekanan darah. Pemanis ini juga aman untuk dikonsumsi jangka panjang tanpa efek samping.

  1. Sukralosa

Sukralosa merupakan pemanis yang rendah kalori, mudah diproduksi dan tergolong aman bagi penderita diabetes. Dengan harganya yang terjangkau sukralosa menjadi pemanis pengganti gula yang banyak digunakan oleh penderita diabetes. Sukralosa juga dapat digunakan untuk pemanis minuman maupun pemanis makanan.  Sukralosa kira-kira 600 kali lebih manis dari gula biasa.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here